Senin, 10 Mei 2021 03:36

DPW NasDem Jatim Minta DPD dan DPC Saling Menahan Diri

Senin, 15 Maret 2021 21:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
DPW NasDem Jatim Minta DPD dan DPC Saling Menahan Diri
Vinsensius Awey, Wakil Ketua DPW NasDem Jatim Bidang Media dan Komunikasi Publik. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Konflik internal Partai NasDem Surabaya antara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) terus berlanjut. Puncaknya melalui DPW, 26 DPC NasDem se-Surabaya melayangkan surat mosi tidak percaya kepada Ketua DPD NasDem Surabaya, Robert Simangunsong. Mereka minta Robert dicopot sebagai Ketua DPD NasDem Surabaya.

Menanggapi konflik internal yang terjadi di Nasdem Kota Surabaya, DPW NasDem Jatim pun buka suara. Vinsensius Awey, Wakil Ketua DPW NasDem Jatim Bidang Media dan Komunikasi Publik meminta kedua pihak agar saling menahan diri.

"Kami meminta, baik DPC maupun DPD agar saling menahan diri agar situasinya menjadi kondusif. Ketua DPW NasDem Jatim sudah menerima laporan terkait masalah ini. Tunggu saja keputusannya," ujar Awey, Senin (15/3/2021).

Anggota DPRD Kota Surabaya periode 2014-2019 ini berharap kedua kubu tidak lagi membuat gerakan atau statement di luar forum partai. Sebab, DPW akan memfasilitasi forum dialog antara DPC dengan DPD.

BACA JUGA : 

Jalin Silaturahmi, Nasdem Jatim Gelar Safari Ramadan di Ponpes Roudlotun Nursalim Podokaton Pasuruan

Buka Bersama Nasdem, Ini 4 Pesan Penting Kiai Asep pada Surya Paloh, Erick Thohir & Choirul Tanjung

Terima Kunjungan Nasdem Jatim, Gus Barra: Kami Menyambut Baik Semua Partai Politik

Kunjungi BIN Cigar Jember, ​Wakil Ketua DPR RI Minta Ekonomi Kerakyatan Lebih Digiatkan Lagi

Menurut Awey, sesungguhnya masalah yang terjadi ini adalah murni internal Partai NasDem Surabaya. Namun karena adanya kebuntuan komunikasi, akhirnya masalah ini mencuat keluar.

"Ini masalah dinamika internal Partai NasDem Surabaya, bukan perpecahan. Nanti DPW akan fasilitasi forum dialog untuk DPC dengan DPD," tandas Awey.

Untuk diketahui, kisruh di Partai NasDem Surabaya berawal dari tuntutan transparansi dana bantuan politik (banpol) dari Kesbangpol Surabaya yang jumlahnya sekitar Rp 517 juta per tahun. Miftakhul Ulum, juru bicara dari 26 DPC menilai Ketua DPD NasDem Surabaya, Robert Simangunsong tidak pernah menjelaskan penggunaan dana banpol tersebut.

Tuntutan kemudian berkembang menjadi mosi tidak percaya kepada Robert Simangunsong, Ketua DPD NasDem Surabaya. Robert disebut arogan dan salah mengurus partai.

Sementara itu, Wakil Ketua Nasdem Kota Surabaya, Fatchul Muid membantah tudingan arogan yang dialamatkan kepada ketua DPD. Menurut Muid, Robert itu keras dan tegas, bukan arogan. Demikian pula soal dana banpol, menurutnya sudah dipertnggungjawabkan melalui LPJ ke Kesbangpol dan tembusan ke DPW.

Belakangan juga ada gerakan lain yang menamakan diri Gerakan Kader Penyelamat Partai NasDem Surabaya yang dimotori Edi Frente Gonzales. Hampir senada, mereka menolak kepemimpinan NasDem Surabaya di bawah kepemimpinan Robert Simangunsong. (mdr/ian)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...