Senin, 17 Mei 2021 22:09

​Muswil IX PPP Jatim, Ini Kader-Kader yang Punya Peluang Jadi Ketua DPW

Jumat, 26 Maret 2021 20:41 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Muswil IX PPP Jatim, Ini Kader-Kader yang Punya Peluang Jadi Ketua DPW
Baihaki Sirajt, CEO ARCI. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) IX PPP Jawa Timur di Surabaya pada 7 - 8 April 2021.

Dalam muswil tersebut akan ada sejumlah agenda, salah satunya pemilihan ketua DPW PPP Jatim untuk 5 tahun ke depan. Sejumlah kader disebut layak menjadi calon ketua DPW PPP Jatim. Mereka di antaranya, Musyaffa Noer (Ketua DPW PPP Jatim dua periode), Ra Latief Imron (Bupati Bangkalan), Hj. Mundjidah Wahab (Bupati Jombang) dan H. Rofik (Bendahara Fraksi PPP Jatim).

"Saya kira nama-nama itulah yang berpeluang memimpin PPP di Jawa Timur untuk 5 tahun ke depan," tutur Baihaki Sirajt, CEO Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Jumat (26/3/2021).

Baihaki melanjutkan, meski masih memiliki dukungan yang kuat, namun Musyaffa Noer terganjal Peraturan Organisasi (PO) tentang pelaksanaan muswil. Terutama pada pasal 5 ayat 11 huruf g tentang formatur yang melarang calon yang sudah dua kali menjabat dua periode berturut-turut atau tidak berturut untuk jabatan yang sama di wilayah tersebut atau wilayah lainnya.

BACA JUGA : 

Empat Hari Libur Lebaran, Pengunjung KBS Tembus 17.801 Orang

​Suasana Idul Fitri, Bunga Tabebuya Bermekaran, Percantik Jalanan Surabaya, Warga Berswafoto

Lebaran ke-2, Kawasan Bisnis Pergudangan Margomulyo Lengang dan Sepi

Begini Cara Ikutan Silaturahim dan Halal Bihalal dengan Wali Kota Eri Secara Virtual

Padahal lanjut Baihaki, Musyaffa telah dua kali berturut-turut menjabat sebagai ketua DPW PPP Jatim, karena itu peluangnya tertutup untuk bisa kembali memimpin DPW PPP Jatim. Apalagi yang bersangkutan saat ini sudah naik level sebagai wakil ketua umum DPP PPP.

"Sebenarnya ada diskresi bagi Musyaffa untuk bisa tetap dicalonkan sebagai ketua DPW, yakni pasal 5 ayat 11 huruf h. Namun syarat-syaratnya sulit dipenuhi dalam waktu dekat," sebut Baihaki.

Sementara calon lainnya dinilai Baihaki punya kans untuk melanjutlan estafet kepemimpinan Musyaffa Noer. Contohnya, Ra Latief, Bupati Bangkalan yang masih muda dan keturunan ulama besar Syeikhona Kholil. Ia memiliki modal politik dan modal sosial yang besar.

Selain itu, ada Mundjidah Wahab, Bupati Jombang yang juga cucu pendiri NU, KH. Wahab Chasbullah. Menurut Baihaki, Mundjidah bisa dibilang adalah simbol NU di PPP. Namun secara usia sudah tergolong sepuh.

Sedangkan Haji Rofik adalah sosok petarung di PPP. Ia kenyang pengalaman berkompetisi, baik di ajang pilkada maupun pemilu legislatif. Rofik juga tercatat pernah menjadi ketua PCNU Lumajang.

"Ra Latief, Bu Mun, dan Haji Rofik punya kelebihan masing-masing. Mereka punya modal untuk membesarkan PPP di Jawa Timur," pungkasnya. (mdr/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...