Rabu, 21 April 2021 12:11

Awali Pembukaan MPP Gresik, Gus Yani Langsung Didaulat Jadi Saksi Pernikahan

Rabu, 07 April 2021 18:12 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Awali Pembukaan MPP Gresik, Gus Yani Langsung Didaulat Jadi Saksi Pernikahan
Bupati Gus Yani saat menjadi saksi akad nikah pasangan Jamin (58) dan Siti Asiah (53) di MPP Gresik yang baru di-relaunching. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Wabup Aminatun Habibah (Bu Min) menggelar re-launching Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik, Rabu (6/4/2021).

Re-launching tersebut dihadiri Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan-RB) Diah Nataliza. Didampingi Bupati Gus Yani, Diah Nataliza berkeliling setiap bilik layanan kantor MPP.

Ada yang menarik saat Gus Yani dan Diah Nataliza berkeliling kantor MPP tersebut. Tepatnya saat di Balai Nikah Kemenag Gresik, ia langsung didaulat menjadi saksi pernikahan pasangan janda dan duda saat itu juga.

Mereka adalah pasangan Jamin (58) dan Siti Asiah (53), keduanya berasal dari Desa Banjaragung, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. "Karena sudah menikah, KTP baru yang telah dirubah statusnya menjadi kawin langsung jadi dan kami serahkan,” ucap Gus Yani sambil menyerahkan KTP baru sekaligus dua buku nikah dan kartu nikah.

BACA JUGA : 

Bupati Gus Yani Ajak FKUB dan Masyarakat Bersama-sama Membangun Gresik

Safari Ramadan Perdana di Manyar, Bupati Gus Yani Singgung Kemacetan Jalan

Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik Tambal Kerusakan Jalan Betoyo-Tanggulrejo Manyar

Lelang Sekda Gresik Tunggu Restu Mendagri, Ini Pejabat yang Berpeluang

Gus Yani menyatakan, MPP bisa digunakan untuk akad nikah. Ia mengaku akan melengkapi beberapa fasilitas yang dibutuhkan. "Tak hanya balai nikah, beberapa gerai juga disiapkan. Ada 22 perwakilan kantor dinas yang ada di Kabupaten Gresik yang membuka layanan di MPP Gresik," bebernya.

Menurutnya, kagiatan kali ini berupa re-launching, karena pada 15 September 2019 lalu MPP sudah soft launching. "Saat itu saya selaku ketua DPRD Gresik hadir pada soft launching. Mestinya, re-launching kali ini dilakukan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo, namun mendadak pada pagi tadi Bapak Menteri dipanggil Presiden agar hadir pada rapat terbatas," ungkapnya.

Gus Yani berharap keberadaan MPP ini bisa meningkatkan investasi di Gresik dengan berbagai kemudahan. "Intinya, ada peningkatan pelayanan birokrasi, terutama di bidang perizinan. Perizinan harus benar-benar cepat. Kita buka investasi seluas-luasnya agar investasi mengalir dan bisa memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat," harapnya.

Sebagai daerah berjuluk kabupaten industri, Bupati Yani mengaku prihatin atas jumlah pengangguran terbuka di Kabupaten Gresik yang mencapai 8 persen. Jumlah itu melebihi angka nasional sebesar 7 persen dan Jawa Timur yang hanya 5 persen.

Namun ia optimis dengan kemudahan perizinan dan investasi, ke depan jumlah pengangguran di Gresik bisa berkurang. Apalagi di Gresik sudah ada 3 kawasan industri yaitu Maspion, KIG, dan JIIPE.

Sementara Diah Nataliza yang mewakili Kemenpan RB menyampaikan bahwa MPP Gresik adalah MPP yang ke-40 di Indonesia. "Sesuai yang diharapkan Presiden RI, agar MPP ini bisa melaksanakan percepatan reformasi birokrasi dan memudahkan proses perizinan," ujarnya.

"Agenda penting yang harus kita laksanakan yaitu perbaikan kualitas pelayanan publik agar kepercayaan masyarakat semakin meningkat. Jangan lupa, agar SDM aparatur terus ditingkatkan," pesannya saat membacakan sambutan Menpan RB.

"Semoga MPP bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Di sinilah negara hadir di tengah masyarakat," tambahnya.

Selain Diah Natalisa, beberapa pejabat Kemenpan RB juga hadir yaitu Agus Uji Hantara-Plt Deputi RB Kunwas, Jufri Rahman-Staf Ahli Bidang Otoda, Yoyon Tony Surya Putra-Staf Sus Bidang Anti Radikalisme, Saifudin Latief-Staf Sus Bidang Pelayanan Publik dan Umum, serta Rahmad Setyadi-Staf Sus Bidang Anti Korupsi.

Sedangkan dari jajaran Pemkab Gresik, selain bupati tampak hadir Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah (Bu Min), jajaran Forkopimda Gresik, serta undangan dari berbagai kelompok kepentingan dan asosiasi. (hud/ian)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...