Rabu, 21 April 2021 12:47

Program Pendataan Keluarga 2021 Pamekasan Berbasis Android

Kamis, 08 April 2021 10:34 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Yeyen
Program Pendataan Keluarga 2021 Pamekasan Berbasis Android
M. Basri, Sekretaris BKKBN Kabupaten Pamekasan. foto: yeyen/ bangsaonline.com

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Pamekasan melakukan pendataan keluarga melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) untuk basis data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan keluarga.

Pendataan Keluarga merupakan program yang dilaksanakan BKKBN pusat di seluruh Indonesia serentak pada tanggal 1 April sampai dengan 3 Mei 2021 dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Menurut Basri, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Pamekasan, pendataan keluarga tahun 2021 di Kabupaten Pamekasan menggunakan metode berbasis Android.

Jadi metodenya, kata dia, ada dua. Yaitu menggunakan android yang berarti semuanya dengan online. Lalu metode lain, menggunakan formulir yang masih manual dengan cara mengisi formulir.

BACA JUGA : 

Tingkatkan IKD, BPBD Pamekasan Gelar Rakor dengan OPD Terkait

Sambut Bulan Suci Ramadan, Bupati Pamekasan Luncurkan Pasar Murah

Siapkan SDM Unggul, Pemkab Pamekasan Bakal Bagikan Belasan Beasiswa Akpol

Pergeseran Dana TPP Hanya untuk ASN Jabatan Struktural

Ia mengakui, masih masih ada banyak kendala yang terjadi pada awal-awal pelaksanaan. Namun, ia yakin akan memenuhi target pendataan sampai akhir Mei.

"Kabupaten Pamekasan salah satu kabupaten se-Jawa Timur yang menggunakan 100% berbasis android. Jadi tidak lagi menggunakan manual mengisi formulir lagi," jelas Basri saat ditemui wartawan BANGSAONLINE.com, Kamis (08/04/21).

Menurut dia, Pendataan Keluarga 2021 penting bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menyediakan basis data keluarga untuk intervensi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana), dan program pembangunan lainnya.

“Pembangunan dimulai dari perencanaan yang baik, dan perencanaan berdasarkan data yang akurat. Pendataan Keluarga 2021 menghasilkan data mikro keluarga by name by address sebagai penyediaan data atau dasar dalam perencanaan dan pemerataan pembangunan,” tutur mantan Kabag Pembangunan tersebut.

Saat ditanya apa bedanya pendataan yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) dengan pendataan dari BKKBN, Basri menjelaskan, kalau pendataan dari BPS dan karena secara undang-undang itu memang kewenangannya BPS untuk menyiapkan data makro. Sedangkan BKKBN hanya mikro jadi hanya data pembangunan keluarga.

"Datanya BKKBN tolong jangan dibandingkan dengan data yang punyanya BPS. Beda karena mereka dibentuk oleh undang-undang dan memang kerjanya menyiapkan data sensus semuanya itu makro, dan kewenangan antar lembaga negara itu sudah ada masing-masing," tegasnya.

Basri juga berharap bila ada kader pendata yang dilengkapi APD, seragam, dan tentunya Id Card sebagai pendata, harap diterima dengan baik.

"Mereka menjalankan program pemerintah nasional dan masyarakat tidak usah ragu-ragu didata untuk menyukseskan program BKKBN Pusat," katanya.

Terpisah Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam juga mengajak seluruh masyarakat kabupaten Pamekasan untuk ikut menyukseskan program pendataan keluarga 2021.

"Mari kita ikut menyukseskan program Pendataan Keluarga yang dilaksanakan dari taggal 1 April sampai dengan 31 mei 2021," ajak Bupati Baddrut Tamam. (yeyen)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...