Minggu, 09 Mei 2021 09:23

KPK Juga Usut 5 Perkara Dugaan Korupsi Lain Pada Mantan Bupati Gresik, Apa Saja?

Jumat, 09 April 2021 08:30 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Syuhud Almanfaluty
KPK Juga Usut 5 Perkara Dugaan Korupsi Lain Pada Mantan Bupati Gresik, Apa Saja?
Sambari Halim Radianto saat menjabat Bupati Gresik. Foto: ist

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Ternyata penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi rumah Sambari Halim Radianto, mantan Bupati Gresik, tidak hanya mengusut kasus dugaan korupsi PDAM Giri Tirta. Tapi juga sejumlah dugaan korupsi besar saat ia menjadi orang nomor satu di kota pudak itu.

Informasi yang didapatkan BANGSAONLINE.com menyebutkan, penyidik lembaga antirasuah mendatangi kediaman Sambari untuk mengusut sejumlah perkara dugaan korupsi di lingkup Pemkab Gresik selama Bupati Sambari Halim Radianto menjabat pada periode 2010-2015 dan 2015-2020.

Sedikitnya, masih ada 5 dugaan perkara kasus korupsi dengan kerugian negara (Pemkab Gresik) sangat besar. Selain perkara dugaan skandal korupsi di PDAM Giri Tirta Gresik berupa kerja sama dengan PT Dewata Bangun Tirta (DBT) dan PT Drupadi Agung Lestari (DAL) pada tahun 2012 senilai Rp 133 miliar.

Ke-5 kasus dugaan skandal korupsi tersebut, satu di antaranya berada di salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau perusahaan daerah (Perumda).

BACA JUGA : 

KPK Lanjutkan Pemeriksaan Dugaan Korupsi di PDAM Gresik Usai Lebaran

Camat Duduksampeyan Mulai Jalani Sidang Kasus Korupsi Anggaran Kecamatan

Dirut Perumda Giri Tirta Gresik Sebut Pengusutan Proyek Investasi Rp 133 M oleh KPK Jalan Terus

Tuntut Penuntasan Kasus Dugaan Korupsi PDAM Gresik, Gepal Tegaskan Siap Datangi KPK di Jakarta

Kemudian, 4 perkara lainnya di lingkup 4 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Gresik yang anggaran kegiatannya sangat besar. "Penyidik KPK datangi rumah Pak Sambatri bukan hanya soal perkara di PDAM. Tapi, masih ada 5 perkara dugaan korupsi besar lain," ujar sumber yang enggan disebutkan namanya kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (9/4/2021).

(Rumah Samabari Halim Radianto di Perumahan Mulia Residence Block C1, kawasan Kalikepiting, Tambaksari, Surabaya. Di rumah inilah KPK menemukan Sambari Halim, Kamis, 8 April 2021. (foto: ist)

Pelaksana tugas (Plt.) Juru Bicara (Jubir) KPK Ali Fikri kepada wartawan mengatakan, KPK saat ini sedang membuka penyelidikan baru kasus dugaan tindak pidana korupsi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, di luar perkara di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Gresik.

Hal itu diungkapkan Ali Fikri saat dikonfirmasi perihal kegiatan penyidik KPK mendatangi Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik, di Jalan Raya Permata Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Rabu (7/4/2021).

(Penyidik KPK sempat mencari Sambari Halim Radianto ke rumahnya di Jalan Awikun Kelurahan Gending Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Ternyata kosong. Tampak para wartawan yang nyanggong penyidik KPK di Jalan Awikun Gresik. foto: ist.)

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com sebelumnya, Kamis (8/4/2021), penyidik lembaga antirasuah mendatangi rumah mantan Bupati Gresik dua periode Sambari Halim Radianto di Jalan Awikon Kelurahan Gending, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Namun rumah itu kosong.

KPK kemudian mendatangi rumah Sambari di Kota Surabaya, tepatnya di Perumahan Mulia Residence Block C1, kawasan Kalikepiting, Tambaksari, Surabaya.

Saat tiba di rumah tersebut, KPK tak berhasil menemui langsung mantan Bupati Gresik dua periode tersebut karena masih sakit Covid-19 dan mengalami stroke. Penyidik KPK hanya ditemui salah satu anak Sambari.

Angga, penjaga rumah Sambari kepada wartawan membenarkan Kamis (8/4/2021), sekitar pukul 10.00-11.00 WIB, ada 2 petugas KPK yang mendatangi rumah majikannya itu.

Menurut Angga, KPK ditemui anak Sambari, Thoriq Majidannor atau Zidan. Sementara Sambari tengah terbaring karena stroke. (hud)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...