Geliat Wisata Gunung Kelud, Tukang Ojek yang Selama Setahun Nganggur Kini Bisa Tersenyum Kembali

Geliat Wisata Gunung Kelud, Tukang Ojek yang Selama Setahun Nganggur Kini Bisa Tersenyum Kembali Pengunjung yang mengaku dari Jakarta saat ber-selfie di kawah Gunung Kelud. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bagio (50), warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten , kini boleh tersenyum bahagia. Ia bersama 175 orang kawannya sesama di kawasan Wisata , mulai hari Sabtu (10/4) ini, bisa mengangkut pengunjung lagi, setelah setahun puasa alias nganggur karena penutupan wisata akibat pandemi Covid-19.

Memang, untuk pengunjung yang ingin ke kawah , harus memarkir kendaraannya di tempat parkir yang telah disediakan. Agar bisa sampai ke kawah yang jaraknya sekitar 4 km dari tempat parkir, pengunjung harus menggunakan jasa ojek dengan biaya Rp. 50.000,- untuk pulang pergi.

Bagio adalah Pengurus Paguyuban Ojek Satrio Kelud, yang membawahi 175 orang anggota. Selama pandemi Covid-19 ini, mereka nganggur karena kawasan Wisata ditutup total dari pengunjung.

"Selama tidak ada pekerjaan ngojek, beberapa dari kami ada yang jadi petani, ada yang menjadi kuli. Itu pun tidak semua pengojek yang bisa bekerja karena terbatasnya lapangan pekerjaan," kata Bagio, saat ditemui di sela-sela melayani pengunjung yang akan menggunakan jasanya untuk naik ke kawah, Sabtu (10/4).

Menurut Bagio, dengan membayar Rp 50 ribu itu, pengunjung akan diantar sampai ke bibir kawah. Pengunjung yang menyewa ojek akan ditunggu sampai pengunjung puas menikmati keindahan alam di kawah .

Kebahagiaan tidak hanya milik saja. Para pedagang makanan dan minuman juga tampak senang dengan dibukanya Wisata ini, meski masih dalam masa uji coba. Sama dengan para , para pedagang ini juga sudah setahun lebih harus 'nganggur' seiring dengan ditutupnya Wisata .

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ir. Adi Suwignyo mengatakan, bahwa uji coba dibukanya Wisata ini atas perintah Bupati Hanindhito Himawan Pramana. Sebelumnya dibuka, bupati sudah mengecek sendiri ke .

"Kami datang ke ini didampingi oleh Satgas Covid-19 Kabupaten untuk memastikan bahwa semua yang terlibat di kawasan Wisata ini sudah menjalankan protokol kesehatan," kata Adi Suwignyo didampingi oleh Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten , Slamet Turmudi.

Menurut Adi, uji coba ini nantinya akan dievaluasi terus menerus sampai waktu yang belum ditentukan. Selain , uji coba juga diberlakukan untuk kawasan Wisata Air Terjun Besuki di Kecamatan Mojo dan kawasan Wisata Sumber Podang di Kecamatan Semen.

"Sementara baru tiga tempat wisata alam itu yang diuji coba dibuka. Untuk yang lain masih dalam pengkajian oleh Tim dan Satgas Covid-19 Kabupaten ," pungkas Adi Suwignyo. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO