Senin, 10 Mei 2021 03:35

​Kapolres Pasuruan Launching Program Orang Tua dan Anak Asuh Pelajar Papua di Kampung Margo Utomo

Minggu, 11 April 2021 19:47 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Andy Fachrudin
​Kapolres Pasuruan Launching Program Orang Tua dan Anak Asuh Pelajar Papua di Kampung Margo Utomo
Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan foto bersama pelajar Papua dari SMKN Kejayan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk menjalin keakraban dan rasa persaudaraan tanpa membedakan suku, ras dan agama, Polres Pasuruan me-launching "Program Orang Tua dan Anak Asuh Pelajar Papua" di Kampung Margo Utomo, Desa Prodo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Minggu (11/4/2021).

Kapolres Pasuruan AKBP. Rofiq Ripto Himawan., S.I.K., S.H., M.H  dalam sambutannya mengatakan, hari ini program ini bertujuan membangun silaturahim dengan pelajar dan mahasiswa asal Papua dengan.

“Karena mereka perantauan jauh dari keluarga, mungkin di sini ada kekurangan dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Kami dari Polres Pasuruan siap untuk menjadi orang tua asuh selama anak-anak mengikuti pendidikan di wilayah Kabupaten Pasuruan,” ujarnya.

Adapun kegiatan sebagai orang tua asuh, salah satunya mengajak dalam hal yang bersifat sosial. Seperti bakti sosial, kerja bakti, dan olah raga bersama, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi.

BACA JUGA : 

Kapolres Pasuruan Minta Petugas Kerja Sama dengan RT-RW Pantau Pemudik

Terkait Kasus Nihilnya PADes Pandean, Komisi I DPRD Pasuruan Panggil Inspektorat dan Kepolisian

Lolos Ujian Praktik, Tiga Pelajar Papua di Sidoarjo Terima SIM​ Baru

Polresta Sidoarjo Gelar Ibadah Minggu Bersama Pelajar Papua

“Kita juga minta bantuan kepada adik-adik pelajar tetap menyosialisasikan rasa persaudaraan dan kebersamaan meskipun di tengah pandemi Covid-19. Dan serta ikut menciptakan kerukunan serta keamanan di wilayah Kabupaten Pasuruan,” pungkas lulusan Akpol 2001 tersebut.

Sementara itu, Dina Sope Wetameja, pendamping pelajar Papua mengatakan, ada beberapa pelajar dan mahasiswa dari Papua yang menyambut kedatangan dari Polres Pasuruan dalam acara launching Program Orang Tua dan Anak Asuh.

“Kami sebagai pembina atau pendamping bagi pelajar dan mahasiswa dengan adanya orang tua asuh bisa menjadi tempat curhat. Saya sebagai kakak atau ibu asuh mereka menyempatkan diri menerima keluh kesah mereka sebagai teman,” ujar perempuan asal Batak ini.

Di samping itu juga, Dina berharap pada para pelajar dan mahasiswa asal Papua, khususnya yang belajar di Kabupaten Pasuruan tidak terpengaruh dengan hal-hal kriminal atau kenakalan-kenakalan remaja umumnya.

“Saya berharap pada adik-adik pelajar, khususnya yang belajar di Kabupaten Pasuruan tidak terpengaruh dengan hal-hal kriminal atau kenakalan-kenakalan remaja umumnya. Dan ketika kembali ke Papua bisa menjadi contoh yang baik,” harapnya.

Jennifer Mina Claudia Ongge, salah satu pelajar dari Papua mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan kebaikan. Dan akan menunjukkan dirinya bisa lebih baik dan lebih berkualitas lagi.

“Saat kita pulang nanti, kita tunjukan bahwa kita bisa memberikan yang terbaik buat bangsa,” ucap pelajar SMKN Kejayan, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan ini.

Sekadar diketahui,  usai acara launching Program Orang Tua dan Anak Asuh Pelajar Papua, ditutup dengan menyanyikan lagu "Aku Papua" secara bersama-sama termasuk Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan. (maf/par/ian)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...