Relawan Oleng-Oleng Kediri Gelar Aksi Tanam dan Perawatan Pohon di Sumber Banaran

Relawan Oleng-Oleng Kediri Gelar Aksi Tanam dan Perawatan Pohon di Sumber Banaran Relawan dari Komunitas Oleng-Oleng saat menggelar aksi tanam pohon dan perawatan di Sumber Banaran, Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan relawan dari , Minggu (11/4), menggelar aksi tanam pohon dan perawatan di Sumber Banaran, Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten .

Heri Deka, Koordinator 1 yang bermarkas di Desa Tunge, Kecamatan Wates Kabupaten ini, menjelaskan bahwa yang dilakukan para relawan adalah menyulami pohon mati yang telah ditanam sebelumnya.

"Aksi hari ini, kami menanam pohon untuk menyulami pohon mati dan merawat pohon yang telah ditanam sebelumnya oleh para relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan di Sumber Banaran," kata Heri Deka, Minggu (11/4).

Menurut Heri, pada awal musim hujan sampai akan berakhirnya musim hujan ini, para relawan sudah menanam ribuan pohon di sejumlah kawasan sumber air di Kabupaten . Termasuk aksi tanam 3.000 pohon di Gunung Klotok, Kota .

Beberapa sumber air di Kabupaten maupun di Kota , lanjut Heri Deka, memang sudah ada yang mati karena berbagai sebab. Salah satunya adalah tidak ada pohon pelindung di sumber air tersebut dan terjadi sedimentasi tanah.

Menurut Heri Deka, sumber air harus dijaga agar tetap bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk itu, perlu ada upaya dari semua pihak untuk menjaga agar mata air tersebut tidak mati.

"Maka dari itu, guna mengembalikan fungsi sumber air, kami dari dan Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup Raya akan terus melakukan penanaman pohon secara berkesinambungan di sejumlah sumber air di Kabupaten maupun di Kota ," pungkas Heri. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO