Kamis, 13 Mei 2021 09:25

Relawan Oleng-Oleng Kediri Gelar Aksi Tanam dan Perawatan Pohon di Sumber Banaran

Minggu, 11 April 2021 20:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Relawan Oleng-Oleng Kediri Gelar Aksi Tanam dan Perawatan Pohon di Sumber Banaran
Relawan dari Komunitas Oleng-Oleng saat menggelar aksi tanam pohon dan perawatan di Sumber Banaran, Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan relawan dari Komunitas Oleng-Oleng, Minggu (11/4), menggelar aksi tanam pohon dan perawatan di Sumber Banaran, Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

Heri Deka, Koordinator 1 Komunitas Oleng-Oleng yang bermarkas di Desa Tunge, Kecamatan Wates Kabupaten Kediri ini, menjelaskan bahwa yang dilakukan para relawan adalah menyulami pohon mati yang telah ditanam sebelumnya.

"Aksi hari ini, kami menanam pohon untuk menyulami pohon mati dan merawat pohon yang telah ditanam sebelumnya oleh para relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Kediri di Sumber Banaran," kata Heri Deka, Minggu (11/4).

Menurut Heri, pada awal musim hujan sampai akan berakhirnya musim hujan ini, para relawan sudah menanam ribuan pohon di sejumlah kawasan sumber air di Kabupaten Kediri. Termasuk aksi tanam 3.000 pohon di Gunung Klotok, Kota Kediri.

BACA JUGA : 

Warga Kediri Tewas Terkena Ledakan Petasan yang Dibuatnya Sendiri, Tubuh Putus Menjadi Tiga Bagian

Puluhan Guru Ngaji Kampung di Kediri Dapat Kado Ramadan dari Yayasan Guru Bansa

Lagi, RGR Salurkan Bantuan Sembako pada 80 Lansia dan Difabel

Terus Perjuangkan Raperda Pengelolaan dan Perlindungan Sumber Air, ARPL Temui Kadisparbud

Beberapa sumber air di Kabupaten Kediri maupun di Kota Kediri, lanjut Heri Deka, memang sudah ada yang mati karena berbagai sebab. Salah satunya adalah tidak ada pohon pelindung di sumber air tersebut dan terjadi sedimentasi tanah.

Menurut Heri Deka, sumber air harus dijaga agar tetap bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk itu, perlu ada upaya dari semua pihak untuk menjaga agar mata air tersebut tidak mati.

"Maka dari itu, guna mengembalikan fungsi sumber air, kami dari Komunitas Oleng-Oleng dan Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup Kediri Raya akan terus melakukan penanaman pohon secara berkesinambungan di sejumlah sumber air di Kabupaten Kediri maupun di Kota Kediri," pungkas Heri. (uji/ian)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 13 Mei 2021 08:15 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Tulisan Dahlan Iskan tentang Revolusi Energi edisi 2 ini menarik dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri. Memang tergolong berat dan berbobot. Tapi mudah dicerna. Apalagi ditulis secara "sederhana" dalam bentuk pointer-pointer ...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...