Jalin Kerja Sama, KPPU dan KBJRI Tingkatkan Kepatuhan Pelaku Usaha

Jalin Kerja Sama, KPPU dan KBJRI Tingkatkan Kepatuhan Pelaku Usaha Kunjungan Dubes Jepang ke Kantor KPPU Pusat. (foto: ist)

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha () akan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Jepang untuk Republik Indonesia () dalam meningkatkan kepatuhan pelaku usaha atas proses penegakan hukum persaingan.

Hal ini dikatakan Ketua Kodrat Wibowo usai menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Republik Indonesia His Excellency Kanasugi Kenji, Kamis (29/4/2021), di Jakarta. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari berbagai kunjungan resmi yang dilakukan sejak penugasannya di Indonesia pada akhir Januari.

Secara khusus, juga melihat sebagai mitra yang strategis dalam pelaksanaan pengawasan kemitraan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pengawasan di sektor digital.

"Hubungan Indonesia dan Jepang dalam bidang persaingan usaha telah berlangsung cukup lama dan meliputi beberapa aspek. Sebut saja kerja sama ekonomi Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) dan lainnya," katanya.

Dalam hal penegakan hukum, kasus-kasus yang ditangani atas pelaku usaha Jepang juga tidak sedikit dan mulai merambah pada kasus lintas batas yang melibatkan pelaku usaha di Jepang. Semakin meningkatnya kasus lintas batas, memandang perlu adanya peran untuk menjembatani proses penegakan hukum tersebut.

"Kami yakin, sebagai salah satu mitra yang tepat, sejalan dengan implementasi pengawasan subkontrak yang sudah maju di negara tersebut. Kami juga memandang perlu mulai menggandeng berbagai pihak guna menunjang efektivitas pengawasan tersebut," terangnya.

Dubes Kenji menyambut baik usulan tersebut, dan akan mempertimbangkan secara serius berbagai isu yang diangkat . Secara khusus, Dubes Jepang juga mengharapkan adanya komunikasi yang intensif dalam meningkatkan efektivitas pengawasan persaingan usaha yang melibatkan kedua belah pihak. (diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO