Teliti Kekuatan Tanah Jembatan Ka-Re, ​Tim Lab ITS Lakukan Pengeboran hingga Kedalaman 44 Meter

Teliti Kekuatan Tanah Jembatan Ka-Re, ​Tim Lab ITS Lakukan Pengeboran hingga Kedalaman 44 Meter Tim dari ITS tengah melakukan persiapan pengeboran tanah di tengah bengawan untuk mengambil sampel tanah. (foto: EKY NURHADI/BANGSAONLINE)

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Tim Laboratorium Mekanika Tanah dan Batuan (Mektan) Institut Teknologi Surabaya () melakukan pengeboran serta pengambilan tanah di tiap titik-titik lokasi tiang pancang beton Jembatan Kanor Bojonegoro-Rengel Tuban (Ka-Re). Pengambilan sampel tanah ini untuk mengetahui kekuatan, serta kedalaman kekerasan tanah.

Pengambilan tanah oleh Tim ini sudah berlangsung 15 hari terakhir. Totalnya ada enam titik yang diambil sampel tanahnya. Ada dua titik yang sudah dilakukan pengeboran dan diambil sampel tanahnya untuk dilakukan penelitian di Surabaya. Dua titik itu, yakni untuk lokasi abutmen dan pile slab, tepatnya di sisi timur Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro.

"Pengambilan tanah berjenjang tiap 5 meter, sampai dengan kedalaman 44 meter. Di kedalaman ini kami sudah menemukan tanah dengan kontur yang sangat keras," ujar Harno, salah satu Tim Teknis Lab Mektan saat ditemui BANGSAONLINE.com, Selasa (18/5/2021) siang.

Dia menjelaskan, pengambilan sampel tanah ini merupakan langkah awal sebelum dilakukan pembuatan tiang pancang dan abutmen jembatan. Tim Lab Mektan sendiri telah ditunjuk kontraktor pelaksana proyek Jembatan Ka-Re.

"Hari ini kami mulai pengambilan tanah yang berada di tengah bengawan. Kedalaman air saat ini empat meter. Doakan tidak ada kendala," jelas Harno.

Dia menerangkan, ada dua titik pengambilan tanah dengan kedalaman 44 meter yang berada di tengah bengawan, tepatnya di sisi timur dan barat. Di sisi barat Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, lanjutnya, untuk tapak abutmen dan pile slab juga dua titik, namun belum dilakukan pengambilan tanah.

Lihat juga video 'Percobaan Bunuh Diri di Kaliketek Bojonegoro Berhasil Digagalkan Warga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO