Antisipasi Hal Terburuk, Pemkab Kediri Gelar Simulasi Bencana Letusan Gunung Kelud

Antisipasi Hal Terburuk, Pemkab Kediri Gelar Simulasi Bencana Letusan Gunung Kelud Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kanan) yang hadir langsung dalam simulasi saat berbincang dengan salah seorang pengungsi. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mengantisipasi hal terburuk akibat erupsi , Pemkab Kediri menggelar simulasi bencana letusan Kelud. Kegiatan yang melibatkan ratusan warga Sempu ini digelar di Lapangan Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Kamis (27/5/2021).

Dalam simulasi yang dihadiri langsung oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, dan Kasdim 0809 Kediri Mayor Inf. Palwo Edi itu, masyarakat seolah-olah dihadapkan dengan situasi nyata saat terjadinya letusan .

Sejumlah hewan ternak juga dievakuasi ke lapangan. Tidak hanya itu, beberapa warga yang mengalami luka-luka juga dievakuasi oleh petugas untuk dibawa ke posko kesehatan yang sudah tersedia. Bagi warga lansia, perempuan, dan anak-anak diutamakan untuk dibawa ke posko pengungsian yang tempatnya dipastikan aman dari dampak erupsi .

Yatirin, Warga Dusun Sumberpetung, Desa Sempu mengaku sangat terbantu dengan adanya simulasi seperti saat ini. Setidaknya jika benar-benar terjadi letusan, dirinya dan keluarga sudah tahu akan mengungsi ke mana.

"Sudah beberapa kali saya menghadapi kejadian letusan ini. Dengan simulasi seperti saat ini, jadi paham, apa yang harus dilakukan nanti jika benar-benar terjadi bencana," katanya, Kamis (27/5/2021).

Menurut Yatirin, dirinya sudah 3 kali mengalami kejadian meletusnya gunung berapi tersebut. Terakhir pada tahun 2014 lalu.

Warga Dusun Sumberpetung lainnya, Yanti menyebut, sering kali terkendala sarana transportasi untuk mengungsi. Jika mereka membawa sepeda motor, justru terhambat, karena jalanan yang macet akibat kepanikan warga.

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO