Hari Lahir Pancasila, Ini Harapan Gus Ipul untuk Generasi Milenial Kota Pasuruan

Hari Lahir Pancasila, Ini Harapan Gus Ipul untuk Generasi Milenial Kota Pasuruan Prosesi Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual via video conference dengan Presiden RI Joko Widodo di Pendopo Surga Surgi Kota Pasuruan, Selasa (1/6/2021).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan mengikuti prosesi Upacara Peringatan Tahun 2021 secara virtual via video conference dengan Presiden RI Joko Widodo di Pendopo Surga Surgi Kota Pasuruan, Selasa (1/6/2021).

Acara dengan penerapan protokol kesehatan ketat tersebut dihadiri Wali Kota Pasuruan dan Wakil Wali Kota Pasuruan didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Plt. Asisten Pemerintahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, serta Asisten Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat.

Dalam amanatnya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa peringatan adalah untuk mengukuhkan Pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

"Walaupun Pancasila telah menyatu dengan kita sepanjang kehidupan kita, namun tantangan tidak semakin ringan, globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk antarpandangan dan ideologi," kata Presiden RI Joko Widodo.

Lebih lanjut dikatakan, ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki lini kehidupan bermasyarakat dengan berbagai cara dan strategi. Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan.

"Saya mengajak aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu dan bergerak aktif dalam memperkukuh nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju sesuai yang kita cita-citakan," pungkas Jokowi.

Sementara itu, seusai pelaksanaan prosesi upacara, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap bahwa hal ini dapat menjadi momentum terutama untuk generasi-generasi muda atau generasi milenial untuk bisa lebih memahami dengan baik Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita wujudkan cinta tanah air, cinta NKRI, dan cinta merah putih dalam bentuk karya-karya dan prestasi-prestasi serta selalu berbuat baik di mana pun kita berada. Insya Allah kebaikan yang kita tebar akhirnya bermanfaat untuk diri sendiri maupun juga untuk orang lain," ujarnya. (par/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO