Kamis, 17 Juni 2021 16:07

Mantap! Kontes Ikan Cupang di Kediri Berhadiah Mobil, Begini Cara Dapatnya

Jumat, 04 Juni 2021 16:28 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Mantap! Kontes Ikan Cupang di Kediri Berhadiah Mobil, Begini Cara Dapatnya
Kontes ikan cupang berhadiah mobil.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dunia percupangan Indonesia digegerkan dengan kontes cupang berhadiah mobil. Kontes ini akan digelar Kediri Betta Club (KBC) pada 25 - 27 Juni 2021 mendatang. Kontes diselenggarakan di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

Kontes ikan laga bertajuk "Rise and Shine 8th Kediri Betta Contest" itu juga memperebutkan hadiah uang tunai dan trofi senilai ratusan juta rupiah.

Ketua KBC Kediri, Yusuf Saputro mengatakan, kontes ikan hias dengan hadiah mobil belum pernah ada di Indonesia. Diharapkan dengan hadiah mewah ini bisa menarik minat pemain kontes di tanah air maupun mancanegara.

"Kegiatan ini didukung penuh oleh Mas Bup (Bupati Kediri Hanindhito Himawan, red). Tujuannya untuk meneguhkan Kabupaten Kediri sebagai sentra penghasil ikan cupang dengan kualitas yang bagus," kata Yusuf, Jumat (4/6).

BACA JUGA : 

Jadi Pusat Budi Daya Ikan Cupang, Hasilkan Rp 49,6 M, Kediri Bakal Gelar Kontes Betta

Awalnya Hobi, Kini Bisnis Ikan Cupang Andik Beromzet Rp 80 Juta

Mudah Stres dan Rentan Mati, Begini Tips dan Trik Cara Beternak Kelinci Holland Lop

Budi Daya Ikan Betta di Kediri Tak Terpengaruh Pandemi

Menurut Yusuf, kontes ini terbagi dalam 75 kelas yang tergabung di dalam 10 divisi. Sistem penjurian yang digunakan mengacu pada International Betta Conggress (IBC).

"Juri kita pilih dari reputasi yang baik dan berpengalaman menilai ikan di event besar. Mereka berasal dari berbagai kota di Indonesia di antaranya Jakarta, Padang, dan Batam," beber Yusuf yang juga seorang Jurnalis TVOne itu.

Yusuf menyebut tidak ada syarat dan ketentuan khusus untuk bisa membawa pulang hadiah mobil. Hadiah mobil terbuka untuk semua peserta yang bisa mengumpulkan poin terbanyak (grand champion).

"Di kontes Rise and Shine ini tidak ada syarat khusus agar hadiah mobil bisa dimenangkan. Berapa pun pesertanya, grand champion-nya tetap mobil," imbuh Yusuf.

Ditambahkan oleh Yusuf, bagi player yang ingin mendapatkan hadiah mobil, harus mengumpulkan poin kemenangan sebanyak-banyaknya.

"Kalau ingin mendapatkan mobil, silakan saja mainkan ikan sebanyak mungkin. Jadi, peluang menangnya semakin besar. Hadiah mobil ini untuk semua kelas dan divisi, tidak hanya untuk tertentu saja. Jadi, semua player mendapatkan peluang yang sama," tegasnya.

Karena masih berada di masa pandemi, lanjut Yusuf, kontes besar ini tetap melakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara untuk sistem perlombaan dilakukan melalui sistem handling atau perwakilan. Terdapat 33 official handler yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Tidak ada batasan jumlah ikan yang dibawa bagi para handler ini.

"Harapannya dengan kegiatan ini, popularitas ikan betta atau ikan cupang sebagai ikan hias tetap terjaga. Cupang tetap menjadi primadona yang digemari oleh masyarakat," tutup Yusuf seraya mengatakan bahwa sistem pendaftaran dilakukan secara online dengan biaya Rp 100 ribu untuk masing-masing ikan.

Diketahui, Kabupaten Kediri telah dikenal sebagai pusat penghasil ikan cupang di Indonesia. Data tahun 2020 di Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, sedikitnya 102 juta ikan cupang hias diproduksi oleh ratusan peternak. (uji/ian)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...