Kamis, 29 Juli 2021 13:17

Pemkab dan BI Kediri Launching Digitalisasi Pembayaran Pajak Daerah dan Tiket Wisata Non Tunai

Rabu, 09 Juni 2021 00:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Pemkab dan BI Kediri Launching Digitalisasi Pembayaran Pajak Daerah dan Tiket Wisata Non Tunai
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat memberi keterangan kepada wartawan didampingi oleh Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa (kiri) dan Kepala Kantor Perwakilan BI Kediri Sofwan Kurnia, usai launching. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Kepala Perwakilan BI Kediri Sofwan Kurnia me-launching digitalisasi pembayaran pajak daerah dan tiket non tunai di Pendopo Panjalu Jayati, Kabupaten Kediri, Selasa (8/6).

Launching digitalisasi tersebut dimaksudkan guna membangkitkan perekonomian daerah, di tengah pandemi ini. Dengan digitalisasi ini, juga diharapkan akan mengurangi sentuhan atau kontak langsung antara petugas dan masyarakat yang akan membayar pajak atau warga yang hendak berwisata.

Mas Bup Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri itu, mengatakan bahwa pembayaran non tunai ini akan diberlakukan untuk pembayaran pajak daerah dan juga tiket masuk sejumlah tempat wisata di Kabupaten Kediri, seperti di Gunung Kelud dan Besuki, Mojo.

"Syukur Alhamdulillah, hari ini kita semua dapat melaksanakan launching digitalisasi pembayaran pajak daerah dan tiket wisata non tunai. Hal ini sebagai upaya untuk menekan kontak langsung sehingga proses transaksi menjadi lebih aman," terangnya.

BACA JUGA : 

Pastikan Bantuan Sampai di Tangan, Bupati Kediri Datangi Rumah Warga Isoman Pakai Vespa

Dukung Percepatan Herd Immunity, Wali Kota Kediri Apresiasi Vaksinasi BI dan OJK Kediri

Segera Dirikan RSDS, Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Tinjau Lokasi di Bekas Kantor Dispertabun

Sandiaga Uno Apesiasi Industri Kreatif dan Potensi Wisata Kota Kediri

Menurut Mas Bup Dhito, saat ini perkembangan penerapan teknologi informasi dan ekonomi digital menunjukkan tren yang meningkat. Hal ini perlu disikapi oleh beberapa pihak, salah satunya Pemerintah Kabupaten Kediri.

"Perkembangan yang terjadi mendorong pemerintah melakukan transformasi digital untuk percepatan dan perluasan digitalisasi daerah melalui elektronifikasi transaksi Pemerintah daerah yang disebut PTPD," ujarnya.

"Sistem digitalisasi ini merupakan sistem belanja dan pembayaran di masyarakat berbasis digital. Seperti yang sudah kita terapkan di Pasar Induk Pare pada beberapa waktu lalu. Ini mendukung program pemerintah untuk meningkat pendapatan daerah dan efektivitas pelayanan publik. Kita juga sudah bentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD),” imbuh Mas Bup Dhito.

Digitalisasi pembayaran non tunai ini juga mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Direktur TI dan Operasi Bank Jatim, Tony Prasetyo mengatakan, digitalisasi pembayaran ini juga menjadi komitmen pihaknya kepada pemerintah daerah.

"Kami siapkan aplikasi secara non tunai. Termasuk pembayaran pajak. Kegiatan ini untuk mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai," kata Tony.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Kediri, Sofwan Kurnia mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kediri. Ia berharap dengan digitalisasi pembayaran ini, perekonomian di Kabupaten Kediri terus berkembang di tengah pandemi ini.

Hadir dalam acara launching digitalisasi pembayaran pajak daerah dan tiket non tunai antara lain Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, dan jajaran Forkompinda, Kepala Dinas serta Camat se-Kabupaten Kedri. (uji/rev)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...