Dishub Bojonegoro Launching Aplikasi Uji KIR Online Bernama Sukirno

Dishub Bojonegoro Launching Aplikasi Uji KIR Online Bernama Sukirno

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melaunching aplikasi Uji KIR Online bernama Sukirno (System Uji KIR Online). Launching dilakukan di kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor yang berada di Jalan Raya Sukowati, Kecamatan Kapas, Bojonegoro Sabtu siang, (12/06/21).

Hadirnya aplikasi Sukirno itu dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama bidang pelayanan Uji KIR kendaraan pengangkut barang atau penumpang. Selain itu aplikasi Sukirno juga untuk mempermudah masyarakat dalam pengujian kendaraannya.

Kepala Dinas Perhubungan Bojonegoro Andik Sudjarwo usai launching menjelaskan, tujuan aplikasi Sukirno selain untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan pengujian KIR mobil angkutnya, juga untuk menghindari para makelar atau calo saat uji KIR.

"Masyarakat bisa mendaftarkan pengujian kendaraannya dari mana saja, dan proses pembayaran juga bisa via e-money (uang elektronik)," jelas Andik Sudjarwo.

Lanjut dia, setelah mendaftar di aplikasi, pemohon akan langsung mendapatkan nomer urut antrian dan biaya yang akan dibayar. Selanjutnya masyarakat tinggal datang ke tempat pengujian untuk pemeriksaan kendaraannya.

Tujuan lain dari hadirnya aplikasi SUKIRNO sambung dia, untuk menghindari para calo atau makelar yang kerap memanfaatkan pemohon yang melakukan Uji KIR kendaraan. Menurut dia, selama ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mempersempit ruang gerak para calo dengan berbagai terobosan, namun masih saja bisa diambil celahnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO