Bupati Sumenep Pertajam Program Pembangunan di Musrenbang RPJMD 2021-2026

Bupati Sumenep Pertajam Program Pembangunan di Musrenbang RPJMD 2021-2026 Pemkab Sumenep saat menggelar Musrenbang RPJMD tahun 2021-2026.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.

Saat membuka Musrenbang RPJMD, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan kegiatan ini dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah lima tahunan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

“Untuk itulah, para pimpinan Organisasi Perangkat Dearah (OPD) dalam menyusun dokumen perencanaan agar sesuai visi, misi, tujuan dan sasaran dalam RPJMD. Sebab, konsistensi penjabaran visi dan misi ke dalam tujuan dan sasaran sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan pembangunan daerah,” jelasnya, Selasa (22/06/21).

Ia meminta indikator kinerja daerah yang sudah diformulasikan oleh tim penyusun RPJMD dan tim pendamping dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen rencana strategis dan rencana kerja perangkat daerah.

“Dan indikator itu berupa matriks cascading atau penjabaran dan penyelarasan visi, misi, tujuan, sasaran, indikator, tujuan dan indikator sasaran RPJMD, sehingga tercipta dokumen perencanaan yang selaras dan berkualitas,” tuturnya.

telah menetapkan visinya yaitu Sumenep Unggul Mandiri dan Sejahtera yang dijabarkan dalam 5 misi pembangunan, yakni membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) berdaya saing bidang pendidikan, kesehatan dan ketenagakerjaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan ekonomi berbasis kawasan dari hulu ke hilir.

“Sumenep harus mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, inovatif dan responsif dalam melayani masyarakat, melaksanakan pembangunan berasas gotong royong dan berkearifan lokal, serta memperkuat pembangunan infrastruktur berbasis lingkungan hidup yang berimbang antara daratan dan kepulauan,” terangnya.

Visi dan misi itu, lanjut bupati, dijabarkan dalam bidang yang menjadi titik tekan pembangunan di Kabupaten Sumenep. Yakni bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ketenagakerjaan, pembangunan bidang ekonomi, bidang pariwisata, bidang tata kelola pemerintahan, bidang sosial, dan pembangunan kepulauan.

"Karena program prioritas atau unggulan Kabupaten Sumenep dalam pencapaian pembangunan daerah antara lain, penguatan kompetensi, peningkatan kesejahteraan guru sekolah, guru ngaji dan guru madrasah diniyah, serta dukungan program beasiswa, peningkatan kualitas standar pelayanan dan pembangunan kesehatan dasar, mencetak wirausaha santri dan kalangan muda di era industri 4.0," paparnya.

"Selain itu, pengembangan ekonomi kawasan dan percepatan ekonomi berbasis desa tematik, mewujudkan kawasan wisata Madura (visit Madura) dan pengembangan ekonomi kreatif, tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional (smart city), peningkatan penanganan masalah sosial dengan semangat gotong royong serta peningkatan infrastruktur dan modal transportasi kepulauan," pungkasnya. (aln/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO