Senin, 02 Agustus 2021 23:10

Sah Jadi Lelaki Tulen, Ani Kasanah Resmi Berganti Nama Anang Sutomo

Kamis, 08 Juli 2021 16:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Sah Jadi Lelaki Tulen, Ani Kasanah Resmi Berganti Nama Anang Sutomo
Ani Kasanah alias Anang Sutomo (kiri) didampingi pengacaranya saat mengikuti sidang pembacaan putusan oleh Hakim Tunggal Adika Budi Prasetyo, dalam sidang di PN Kabupaten Kediri, Kamis (8/7). foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ani Kasanah alias Anang Sutomo (21), warga Dusun Tunggul, Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri kini bisa bernapas lega. Pasalnya, permohonan kepada Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri untuk menetapkan dirinya menjadi laki-laki sudah dikabulkan.

Hakim Tunggal PN Kabupaten Kediri, Adika Budi Prasetyo, S.H., M.B.A., M.H. dalam putusannya menetapkan, Ani Kasanah yang sebelumnya berjenis kelamin perempuan menjadi laki-laki tulen dengan nama Anang Sutomo.

Ani Kasanah alias Anang Sutomo didampingi oleh tiga Penasihat Hukumnya, yakni Danan Prabandaru, S.H., M.H., Dyah Ayu Setyorini, S.H., M.H., dan Luka Fardani, S.H., M.H. mendengarkan dengan saksama pembacaan putusan yang dibacakan oleh Hakim Tunggal Adika Budi Prasetyo, dalam sidang di PN Kabupaten Kediri, Kamis (8/7).

Luka Fardani mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur atas putusan yang diputuskan oleh Hakim Tunggal PN Kabupaten Kediri ini.

BACA JUGA : 

Wali Kota Kediri Ikuti Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka Secara Virtual

Bantu Warga Terdampak, Polres Kediri Kota Bagikan Paket Sembako untuk UMKM di Kelurahan Manisrenggo

Masuk Nominasi Best Visual Art, Mas Abu Harap Tahoe Games Studio Menang di Baparekraf Gameprime 2021

Kurangi Beban Masyarakat, Pemkab Kediri Mulai Distribusikan Bantuan Beras PPKM

"Tentunya kami sangat bersyukur dengan keputusan ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses sidang ini," kata Luka Fardani usai sidang, Kamis (8/7).

Menurut Luka Fardani, saat dilahirkan, Ani sebenarnya memiliki penis, tapi tidak sempurna. Sehingga orang tua Ani menganggap jika Ani adalah perempuan.

"Pada saat lahir, genital bayi Ani tidak sempurna. Penis yang terlihat tidak seperti pada umumnya. Akhirnya orang tua menjadikan si anak ini sebagai perempuan," terang Luka.

Namun hingga seiring waktu, Ani tidak mengalami hal seperti wanita umumnya. Dia tidak mengalami menstruasi dan lebih senang bergaul dengan laki-laki dibanding perempuan.

Sementara itu, Anang Sutomo mengaku senang dengan putusan hakim yang menetapkan dirinya menjadi laki-laki. Anang mengaku sejak duduk di bangku SMP, dirinya sudah merasa sebagai laki-laki.

"Sekarang saya sudah lega dengan kejelasan status saya sebagai laki-laki. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya, terutama kepada pengacara saya," kata Anang Sutomo usai sidang.

Setelah dinyatakan oleh pengadilan bahwa dirinya sebagai laki-laki, kini Anang akan fokus untuk menata hidupnya ke depan sebagai seorang laki-laki. (uji/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...