Kuatkan Perekonomian Masyarakat, PT SBI Tuban Salurkan Stimulan bagi Perempuan Sekitar Pabrik

Kuatkan Perekonomian Masyarakat, PT SBI Tuban Salurkan Stimulan bagi Perempuan Sekitar Pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui unit usahanya PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban kembali luncurkan program Berdaya.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui unit usahanya PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban, kembali luncurkan program Berdaya, sebagai stimulan usaha bagi kelompok Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) dan Perempuan Wira Usaha (Perwira).

Program Berdaya diperuntukan bagi perempuan sekitar pabrik SBI Tuban yang dalam kesehariannya melaksanakan peran dan tanggung jawab sebagai pencari nafkah, pengelola rumah tangga, dan pengambil keputusan serta penjaga keberlangsungan kehidupan keluarga (Pekka).

"Selain itu, menyasar perempuan yang memiliki potensi usaha dari kalangan menengah ke bawah atau Perempuan Wira Usaha (Perwira). Pada tahun 2020, sebanyak 10 PIRT telah lahir dalam proses pendampingan program Berdaya," ujar GA & Community Relations SBI Tuban, Trayudi Darma, Senin (25/7/2021).

Tidak hanya mendapatkan stimulan usaha untuk penguatan ekonomi, perempuan dalam program Berdaya juga mendapatkan proses pendampingan dan peningkatan kapasitas untuk meningkatkan kemampuannya.

Di antaranya, pelatihan manajemen keuangan sederhana, kewirausahaan, refleksi diri berkelanjutan, kepemimpinan dan produksi aneka makanan. Program yang dikhususkan untuk perempuan ini berusaha membangun kesadaran kritis perempuan terhadap perannya baik di ranah domestik maupun publik.

"Melalui sistem pengorganisasian yang terarah, diharapkan terbentuk solidaritas antar perempuan (sisterhood) dalam kelompok ini," imbuhnya.

Dirinya menjelaskan, program yang difokuskan kalangan perempuan itu telah diinisiasi sejak tahun 2019, dan saat ini masuk angkatan (batch) ke-3. Sebanyak 20 perempuan mendapatkan stimulan usaha yang bervariasi, sesuai dengan hasil pemetaan potensi diri dan lingkungannya.

Simak berita selengkapnya ...