Sukses Bangun JIS, Gubernur Anies: Sepakbola juga Alat Perjuangan Menyampaikan Nasionalisme

Sukses Bangun JIS, Gubernur Anies: Sepakbola juga Alat Perjuangan Menyampaikan Nasionalisme Foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com (JIS) menggelar webinar bertajuk “Satu Atap, Satu Bangsa, #StadionKita” sebagai bentuk rasa syukur atas pemberian Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kepada JIS tepat pada minggu ke-100 sejak pembangunan dimulai. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Jakarta mempunyai sejarah yang panjang sehingga menjadi seperti sekarang ini. Ia mengatakan adanya (JIS) harus bisa mencerminkan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat yang sama-sama merasakan kesetaraan serta kebersamaan yang membuat warga Jakarta dapat bersatu.

“Jadi ketika ada sebuah stadion, maka stadion ini harus bisa mencerminkan bahwa tempat untuk berkumpul seluruh masyarakat dengan merasakan perasaan kesetaraan, kebersamaan yang membuat kita semua sebagai warga Jakarta itu tersatukan,” jelas mantan rektor Paramadina itu dalam rilis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (29/7/2021).

Menurut Gubernur Anies, kisah persepakbolaan di Indonesia saat ini masih terus menuliskan catatan sejarah. Hadirnya JIS, kata dia, menjadi babak baru bagi kegiatan persepakbolaan di Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa sepak bola juga sebagai alat perjuangan untuk menyampaikan pesan tentang nasionalisme, kesetaraan dan juga harapan. Anies berharap ke depannya bukan hanya stadionnya saja yang bertaraf internasional, akan tetapi juga para kesebelasan dari Indonesia dapat berprestasi ke kancah internasional.

“Bahwa sepak bola bukan saja sebagai olahraga. Juga waktu itu menjadi alat perjuangan, alat untuk mengirimkan pesan tentang nasionalisme, kesetaraan, pesan tentang harapan. Mudah-mudahan stadion ini nantinya akan memfasilitasi itu juga bahkan akan lebih jauh lagi kita berharap nantinya bukan hanya stadionnya yang bertaraf internasional tapi juga kesebelasan yang bermain di stadion itu adalah kesebelasan yang prestasinya bisa internasional,” ujar Anies.

Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyampaikan tiga kategori rekor MURI yang diterima oleh JIS. Yakni Lifting Struktur Atap Stadion dengan Bobot Terberat, Stadion Pertama yang Menggunakan Sistem Atap Buka-Tutup dan Stadion Green Building dengan Sertifikasi Platinum Pertama. Ia mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan capaian anak bangsa atas kerja keras yang dikerjakan bersama-sama secara kolaborasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO