HPL Soroti Tingginya Angka Kematian Ibu dan Bayi di Jatim

HPL Soroti Tingginya Angka Kematian Ibu dan Bayi di Jatim Hari Putri Lestari, S.H., M.H., Anggota Komisi E DPRD Jatim. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Jawa Timur selama Januari sampai Juli 2021 melampaui angka total 12 bulan pada tahun sebelumnya. Fakta itu mendapat sorotan dari Anggota Komisi E DPRD Jatim, Hari Putri Lestari (HPL).

Anggota parlemen dari Daerah Pemilihan Jatim V ini mengungkapkan pada tahun 2018, tercatat AKI dan AKB di Jawa Timur mencapai 522 kasus. Sementara pada tahun 2019 tercatat 520 kasus, dan 565 kasus pada tahun 2020.

“Sementara dari Januari sampai Juni 2021 tercatat ada 329 kasus, ditambah lagi pada bulan Juli tercatat 311 kasus, jadi total 640 kasus,” terang perempuan yang akrab dengan inisial HPL itu, Rabu (25/8/2021).

Wakil rakyat dari PDI Perjuangan ini menjelaskan, naiknya angka AKI dan AKB di Jawa Timur disebabkan oleh banyak faktor, terlebih selama di masa pandemi Covid-19 ini. Menurutnya, selama pandemi merasa khawatir dan takut berkunjung ke pusat pelayanan kesehatan.

“Ini karena banyak yang takut terpapar Covid-19. Terlebih lagi berita-berita hoax yang disebar oleh oknum menjadikan takut, baik terkait Covid-19 itu sendiri maupun terkait vaksinasi,” ujar aktivis buruh ini.

Menurut politikus berlatar advokat ini, kematian merupakan salah satu indikator pelayanan kesehatan suatu negara. Sehingga, penting untuk meningkatkan perlindungan dari Covid-19 dengan cara memberi pelayanan khusus, skrining, dan vaksinasi.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO