Siapkan PTM Terbatas Bertahap untuk PPKM Level 3 dan 2, Gubernur Jatim Minta Disiplin Prokes Ketat

Siapkan PTM Terbatas Bertahap untuk PPKM Level 3 dan 2, Gubernur Jatim Minta Disiplin Prokes Ketat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tingginya antusiasme masyarakat terhadap pembukaan kembali sekolah selama PPKM untuk daerah yang berada pada level 3, 2, dan 1 sebagaimana diatur dalam Inmendagri Nomor 35 Tahun 2021, perlu diimbangi dengan antisipasi yang cermat terhadap risiko terjadinya penyebaran Covid-19 khususnya di kalangan siswa di lingkungan sekolah.

Dalam rangka membahas hal tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) menyelenggarakan rapat koordinasi terbatas pada Kamis (26/8/2021) kemarin yang diikuti oleh jajaran pemerintahan pusat dan daerah. Hadir dalam rapat daring yang dipimpin langsung oleh Menko Marves Luhut Binsar Panjahitan tersebut antara lain Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, gubernur, pangdam, dan kapolda seluruh Indonesia.

Dalam paparannya, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menjelaskan tentang dampak yang telah dirasakan oleh sektor pendidikan sebagai akibat dari terlalu lamanya pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Menurut Nadiem, telah terjadi ancaman penurunan capaian belajar akibat learning loss. Fakta itulah yang memerlukan segera dilaksanakannya terbatas, khususnya untuk daerah yang berada pada level 3, 2, dan 1 dengan disertai protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memaparkan tentang perkembangan Covid-19 di Tanah Air, termasuk pada anak usia sekolah yang berpeluang untuk menyebarluas ke orang tua dan keluarga lain yang dalam kondisi rentan.

Oleh karena itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin menekankan penerapan disiplin protokol kesehatan selama berlangsungnya terbatas, mulai dari berangkat ke sekolah sampai pulang kembali ke rumah.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Timur menekankan tentang pentingnya vaksin bagi guru dan siswa dalam pelaksanaan dimulai secara terbatas bertahap, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi guru, siswa, dan keluarganya serta masyarakat. Oleh sebab itu, Gubernur Khofifah menekankan agar bupati atau wali kota memprioritaskan pemberian vaksin kepada para siswa khususnya SMA/SMK/aliyah.

Dalam paparannya, gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini menyampaikan bahwa di Jawa Timur vaksinasi untuk guru sudah mencapai 88,48% untuk dosis pertama dan 77,74% untuk dosis kedua, sedangkan untuk siswa SMA, SMK, dan SLB sesuai kewenangan provinsi baru mencapai 7,79% untuk dosis pertama dan 1,31% untuk dosis kedua.

"Kami laporkan kepada Bapak Menko Marves bahwa untuk mencapai 100% vaksinasi untuk guru dan siswa SMA dan SMK, Jawa Timur masih membutuhkan 1,1 juta lebih dosis vaksin Covid-19. Jika dihitung mulai usia 12 tahun maka dibutuhkan 3,2 juta dosis vaksin. Oleh karena itu, kami mohon dengan hormat agar Kementerian Kesehatan dapat segera memenuhi kebutuhan tersebut, selain kebutuhan untuk masyarakat umum yang juga masih cukup tinggi," demikian tegas Gubernur Khofifah.

Gubernur yang pernah menjabat Menteri Sosial ini juga memaparkan tentang upaya-upaya yang telah dilakukan bersama pemerintah kabupaten/kota terkait percepatan vaksinasi untuk pelajar.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO