Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkot Probolinggo Gembleng Para LPM dengan Pembinaan

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkot Probolinggo Gembleng Para LPM dengan Pembinaan Wali Kota Habib Hadi saat membuka pembinaan LPM untuk ketahanan pangan di Kota Probolinggo.

KOTA PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo terus berbenah untuk memperkuat ketahanan pangan di Kota Probolinggo. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan pembinaan kepada Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) yang ada di Kota Probolinggo.

Ada 30 orang LPM yang digembleng Pemkot Probolinggo untuk memperkuat ketahanan pangan di daerahnya.

Pembinaan itu dibuka langsung Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin di Ruang Pertemuan Kantor Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP).

"Ini menjadi tantangan kita. Banyak lahan yang sudah mulai beralih fungsi. Bibit yang jos, pengetahuan dan wawasan ketahanan pangan antar daerah, bahkan keahlian dan keseriusan petani, menjadi fokus yang harus kita pikirkan bersama,” ujar Habib Hadi.

Menurutnyam, persoalan pangan tidak semata menjadi domain atau tanggung jawab pemerintah saja. Namun, perlu melibatkan dan memberdayakan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan.

“Kelompok-kelompok tani harus jadi pelopor, bukan penonton. Saya tahu betul itu, karena saya juga terjun langsung ke lapangan dan concern terhadap masalah ini. Bahkan jauh sebelum saya menjabat sebagai wali kota,” katanya.

Berdasarkan catatan data DPKPP, di Kota Probolinggo ada 12 lumbung pangan yang tersebar di 5 kecamatan. Mereka perlu mendapat pembinaan, agar kegiatan pelaksanaan tugas dan fungsi kelompok Lumbung Pangan Masyarakat dapat berjalan secara optimal dan sekaligus berperan dalam percepatan pembangunan.

Simak berita selengkapnya ...