PJB Bangun Rumah Layak Huni dari Sisa Pembakaran Batu Bara PLTU di Pacitan

PJB Bangun Rumah Layak Huni dari Sisa Pembakaran Batu Bara PLTU di Pacitan Penyerahan CSR dari PJB untuk penerima manfaat di Pacitan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Pembangkit Jawa-Bali () sebagai anak perusahaan PLN melalui salah satu unitnya, Pacitan, meresmikan rumah layak huni yang terbuat dari sisa pembakaran atau yang biasa dikenal dengan istilah (FABA).

Kegiatan pembangunan rumah layak huni tersebut merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) dan menjadi simbol bahwa dalam menjalankan bisnisnya akan tumbuh berkembang bersama lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

" kini sudah berhasil memanfaatkan sisa pembakaran batubara (FABA) menjadi barang yang berguna untuk masyarakat dan sosial. Program serupa juga sudah kami terapkan di yang lain, semoga semakin dapat memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat," kata Direktur Operasional 2 PT , Rachmanoe Indarto, Jumat (29/10).

Salah satu penerima manfaat, Abdul Mungin, mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih atas program tersebut. Pria 50 tahun yang tidak memiliki tempat tinggal tetap dan bermata pencaharian ala kadarnya itu sempat tinggal di hutan dan di gua. Ia bahkan sempat tinggal di gubuk reyot yang tidak memiliki dinding dan pintu belakangan ini.

“Rasanya seperti mimpi saya bisa punya rumah. Tidak menyangka. Saya sangat berterima kasih kepada Pacitan, desa, jajaran TNI-Polri dan orang-orang yang telah membantu saya,” kata Abdul.

Pembangunan rumah memakan waktu 2 bulan, dimulai pada tanggal 20 Agustus lalu dan selesai dibangun pada 20 Oktober 2021. Bangunan dengan luas 24 meter persegi dan dalam pembangunannya menggunakan batako sejumlah 1.600 buah yang berbahan dasar dari FABA.

Saat ini, PT sedang memproses pembangunan 5 rumah FABA lainnya di wilayah Kecamatan Sudimoro. Untuk rencana selanjutnya, PT akan terus memberikan bantuan FABA, baik raw material (bahan baku) yang dapat digunakan sebagai stabilitasi tanah, media tanam, dan juga untuk menstimulus pertumbuhan ekonomi masyarakat di Pacitan melalui UMKM dan pemerintah daerah setempat.

Selain peresmian rumah layak huni, juga memanfaatkan FABA untuk pengecoran jalan sepanjang satu km di dusun Krajan desa Sumberejo, Pacitan. FABA dimanfaatkan sebagai pengganti batu koral dan semen, pembangunan jalan ini nantinya diharapkan bisa memberikan akses yang nyaman dan aman.

Pacitan juga melakukan penghijauan dengan penanaman sejumlah 10.000 pohon jenis Kaliandra dan Gamal/Glireside yang ditanam di sekitar Pacitan. Media tanam yang dipakai menggunakan media tanam produksi internal Pacitan yang dicampur dengan FABA dengan komposisi 70:30. Penghijauan ini akan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas udara di Kabupaten Pacitan dan juga menambah bahan baku yang akan digunakan untuk Co-Firing. (diy/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO