BNI Hackathon Festival 2021 Lahirkan Startup Professional yang Manfaat bagi Masyarakat Indonesia

BNI Hackathon Festival 2021 Lahirkan Startup Professional yang Manfaat bagi Masyarakat Indonesia Peserta Festival Startup 2021 secara zoom (daring).

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Kolaborasi Bank Negara Indonesia () dengan Komunitas Startup Singo Edan Malang (Stasion) yakni Hackathon Festival 2021 telah mencapai puncak acara. Hackathon Festival 2021 sendiri merupakan kompetisi membuat aplikasi atau program dalam batas waktu terbatas.

Walaupun dilaksanakan secara virtual, pandemi Covid-19 nyatanya semakin memacu semangat para peserta untuk turut memberikan solusi bagi permasalahan di perbankan, masyarakat, atau pemerintah di era transformasi digital. Menariknya, keseluruhan proses acara ini dilaksanakan secara virtual dan daring.

Ada beberapa kategori yang dilombakan dalam Hackathon Festival 2021. Antara lain, Smart City, Health Technology, Game, Financial Solution, Pertanian, dan Marketing Ads.

Kepala Wilayah Malang Beby Lolita Indriani menyampaikan bahwa kegiatan itu untuk menggugah banyaknya talenta digital di Indonesia dan Malang pada khususnya.

"Sangat disayangkan apabila talent muda yang berbakat di dan di Indonesia pada umumnya, tidak dimanfaatkan secara maksimal. Untuk itu, dilaksanakanlah program Hackfest 2021 ini sebagai upaya pengembangan ekosistem digital di Indonesia," ucap Beby, Minggu (31/10/21).

Rangkaian kegiatan Hackathon Festival 2021 itu telah dimulai sejak 1 Oktober 2021. Dan diikuti 104 tim dari berbagai provinsi di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Makassar. Latar belakang peserta kompetisi membuat aplikasi ini juga beragam. Mulai dari mahasiswa, freelancer, hingga professional.

Seusai melewati berbagai tahapan dengan mendapatkan juga pendampingan (mentoring) dari pelaku profesional tim dari dan juga Stasion, akhirnya ada 10 tim yang masuk dalam tahap final yang disebut dengan Final Pitching Hackathon Festival 2021 pada 28 Oktober 2021.

Sepuluh tim yang dapat lolos ke babak final adalah, Xetia, Bangbeli, Tabula, Kebunpintar, Lekut Team, Flowdy, Bagara, LPPM Aray dan Renzcybermedia.

Melalui tahapan final pitching yang berupa sesi tanya jawab yang suasananya disamakan dengan ketika para bertemu dengan investor ini. Akhirnya, didapatkan tiga pemenang yang berhasil meraih hadiah total Rp 60 juta. Tiga tim hebat tersebut yakni:

Lihat juga video 'SNG Cargo: Warna Baru Industri Logistik di Indonesia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO