Komunitas Oleng-oleng Gelar Sosialisasi dan Edukasi Konservasi Sumber Air

 Komunitas Oleng-oleng Gelar Sosialisasi dan Edukasi Konservasi Sumber Air Dari kiri: Aning (Dinas LH Kab Kediri); Yudha Nusa (Dinas PUPR Kab Kediri); Wakil Danramil Wates, Peltu Tri Yudha; Camat Wates, Arief Gunawan; Kapolsek Wates, AKP Suharyanta; dan Koordinator Komunitas Oleng-Oleng, Heri DK. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Salah satu komunitas pecinta lingkungan di Kabupaten Kediri, , bekerja sama dengan Kantor Kecamatan Wates menggelar sosialisasi dan edukasi konservasi di kantor kecamatan setempat, Selasa (2/11).

Peserta sosialisasi adalah para kepala desa di Kecamatan Wates atau yang mewakili, yang desanya terdapat . Sosialisasi ini dinilai penting, mengingat tidak semua kepala desa mamahami cara terbaik untuk memelihara dan memanfaatkan itu.

"Di Kecamatan Wates ini diperkirakan ada lebih 60 . Rata-rata tersebut kurang terawat dan bahkan terancam mati. Makanya, diperlukan upaya untuk menyelamatkan itu," kata Koordinator , Heri DK.

Ia mengatakan bahwa komunitasnya ingin melengkapi apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk melestarikan lingkungan. Menurut dia, ada beberapa upaya konservasi sumber daya air yang dapat dilakukan agar tetap terjaga.

Salah satu upaya tersebut, ialah dengan menanam pohon di sekitar dengan pohon yang banyak menyimpan cadangan air. Ia berujar, konservasi adalah hal yang sangat perlu dilakukan sebagai upaya penyelamatan sumber daya air.

"Kami juga terus akan melakukan penanaman pohon, terutama di kawasan dan akan merawatnya," tuturnya.

Menurut Heri, dengan menjaga , wisata alam juga tetap bisa jalan.

Sementara itu, Camat Wates, Arief Gunawan, mengatakan bahwa sosialisasi dan edukasi konservasi ini sangat penting. Ia menuturkan, sosialisasi ini juga memberikan pemahaman terkait tata cara menebang pohon di kawasan tersebut.

"Kita bersyukur di wilayah Kecamatan Wates ini ada komunitas yang peduli dengan lingkungan khususnya , yaitu ," kata Arief.

Simak berita selengkapnya ...