Atasi Carut Marut Distribusi Bantuan Sosial, Dinsos Kabupaten Kediri Lakukan Hal Ini

Atasi Carut Marut Distribusi Bantuan Sosial, Dinsos Kabupaten Kediri Lakukan Hal Ini Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, saat menyerahkan bantuan kepada warga. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui dinas sosial (dinsos) tengah merumuskan aplikasi untuk disandingkan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial () . Melalui aplikasi tersebut, diharapkan penyaluran bantuan ke masyarakat dapat tepat sasaran.

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinsos , Slamet Turmudi, menyampaikan bahwa sejauh ini seringkali terjadi masalah dengan yang ada di lapangan, seperti orangnya yang tidak ada, atau bahkan tidak layak mendapatkan bantuan. Dari persoalan itu, setiap tahun pihaknya mengakui selalu melakukan pemadanan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) .

"Pernah ditemukan data puluhan, bahkan sampai ratusan ribu itu data yang tidak sepadan dengan data kependudukan," ujarnya, Selasa (30/11).

Oleh karena itu, lanjut Slamet, pihaknya bakal melakukan proses pendataan dari nol dengan melibatkan perangkat desa. Ia menuturkan, data yang sudah terkumpul dan telah dipastikan keakuratannya akan disandingkan dengan data , serta dijadikan rujukan pemerintah daerah untuk penyaluran bantuan sosial.

"Harapan ke depan dapat mengadopsi data ini, agar data yang seringkali ada problem itu tidak menjadi masalah lagi karena ini menjadi bagian solusi mengatasi problem data kesejahteraan sosial," paparnya.

Sebelumnya, Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, juga menyampaikan keluhan masyarakat yang pernah diterima terkait penyaluran bantuan sosial, yang mana bantuan dari tingkat kabupaten, provinsi, bahkan pemerintah pusat sekalipun masih ada yang tidak tepat sasaran. Sehingga, ia meminta agar kejadian semacam itu tidak kembali terulang.

"Kita yang di tingkat kabupaten, tidak ada alasan untuk tidak tepat sasaran," kata Dhito. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO