Atasi Carut Marut Distribusi Bantuan Sosial, Dinsos Kabupaten Kediri Lakukan Hal Ini

Atasi Carut Marut Distribusi Bantuan Sosial, Dinsos Kabupaten Kediri Lakukan Hal Ini Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, saat menyerahkan bantuan kepada warga. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui dinas sosial (dinsos) tengah merumuskan aplikasi untuk disandingkan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Melalui aplikasi tersebut, diharapkan penyaluran bantuan ke masyarakat dapat tepat sasaran.

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinsos Kabupaten Kediri, Slamet Turmudi, menyampaikan bahwa DTKS Kementerian Sosial sejauh ini seringkali terjadi masalah dengan yang ada di lapangan, seperti orangnya yang tidak ada, atau bahkan tidak layak mendapatkan bantuan. Dari persoalan itu, setiap tahun pihaknya mengakui selalu melakukan pemadanan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kediri.

"Pernah ditemukan data puluhan, bahkan sampai ratusan ribu itu data yang tidak sepadan dengan data kependudukan," ujarnya, Selasa (30/11).

Oleh karena itu, lanjut Slamet, pihaknya bakal melakukan proses pendataan dari nol dengan melibatkan perangkat desa. Ia menuturkan, data yang sudah terkumpul dan telah dipastikan keakuratannya akan disandingkan dengan data DTKS, serta dijadikan rujukan pemerintah daerah untuk penyaluran bantuan sosial.

Simak berita selengkapnya ...