Gubernur Khofifah Harapkan Solusi Jangka Panjang untuk Ganti Jembatan Gladak Perak yang Putus

Gubernur Khofifah Harapkan Solusi Jangka Panjang untuk Ganti Jembatan Gladak Perak yang Putus Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bersama Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, saat memantau Jembatan Gladak Perak yang putus akibat diterjang lahar panas Gunung Semeru.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, dan Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, meninjau lokasi terdampak awan panas guguran Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo, menggunakan helikopter milik TNI AU.

Ketika melihat Jembatan Gladak Perak yang putus, Khofifah menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim beserta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, dan BNPB tengah membahas kemungkinan akses yang bisa dilakukan sebagai alternatif jalan penghubung Kecamatan Pronojiwo dengan Candipuro.

"Salah satunya dengan menyiapkan jembatan gantung. Tetapi setelah asesmen oleh Kementerian PUPR, kemudian kalau jembatan gantung pertimbangannya berarti hanya bisa dilewati motor," ujarnya, Senin (6/12).

"Kami berharap ada solusi jangka panjang, aksesibilitas dari Kecamatan Candipuro ke Pronojiwo kan ini (Gladak Perak), kalau kita mengajukan pembangunan jembatan maka akan kami lihat mana yang paling secure, misalnya menggunakan jalur yang lama kurang secure, karena ada arus lahar material yang lewat situ," paparnya menambahkan.

Simak berita selengkapnya ...