Pemkot Kediri Lakukan Normalisasi Jalur Sepeda

Pemkot Kediri Lakukan Normalisasi Jalur Sepeda Petugas gabungan saat menemui sejumlah PKL yang berjualan di jalur sepeda. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com melakukan normalisasi jalur sepeda di sepanjang Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kamis (6/6/2024). Hal tersebut dilakukan untuk menanggapi keresahan masyarakat, terutama bagi pesepeda yang mengeluhkan alih fungsih jalur sepeda menjadi tempat .

Penyisiran digawangi oleh Dinas Perhubungan (Dishub) yang berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kediri.

Saat melakukan normalisasi, petugas menemui sejumlah pedagang kaki lima yang berjualan diatas jalur sepeda. Tidak hanya itu, penertiban ini juga menyasar petugas parkir yang kedapatan memarkirkan kendaraan menutupi jalur sepeda.

Kepala Dishub Kota Kediri, Didik Catur, mengatakan bahwa antusiasme masyarakat di Kota Kediri untuk bersepeda cukup tinggi, “Di samping masuknya aduan masyarakat yang mengeluhkan beralih fungsinya jalur sepeda, kegiatan ini kami jalankan sebagai edukasi kepada masyarakat pula kaitannya dalam kenyamanan dan keselamatan di jalan.”

Menurut dia, dengan normalisasi ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya laka lantas. “Sebelum ada kejadian sudah kami antisipasi terlebih dahulu, dengan demikian diharapkan jangan sampai ada kasus laka lantas akibat pemanfaatan fasilitas umum yang tidak semestinya.” 

Penertiban ini, lanjut Didik, tidak hanya dilakukan di Jalan Agung Suprapto saja, melainkan juga jalan-jalan lain yang didapati penggunaan jalur sepeda yang tidak sebagaimana mestinya.

“Jalan-jalan lain akan kami lakukan penertiban dan normalisasi secara bertahap, sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat secara humanis,” pungkasnya.

Sementara itu, Rudi (27) warga kelurahan Mojoroto mengapresiasi upaya dalam menormalisasi fungsi dari jalur sepeda. 

“Sayang sekali jika jalur sepeda ini tidak digunakan sebagai mana mestinya. Saya rasa langkah ini sangat bagus untuk menormalisasi jalur sepeda, sehingga pesepeda semakin nyaman dan aman saat berkendara," paparnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO