Benarkah Minuman Manis Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasannya

Benarkah Minuman Manis Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasannya Benarkah Minuman Manis Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasannya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) saat ini menjadi perhatian serius di seluruh dunia karena kandungan yang ada di dalamnya.

Hasil studi yang diterbitkan Clinical Journal of te American Society of Nephrology tahun 2019 menjelaskan bahwa konsumsi gula berlebih melalui minuman berpemanis seperti jus buah kemasan dan soda, berasosiasi dengan peningkatan kerusakan ginjal kronis.

Penelitian tersebut dialkukan pada lebih dari 3.000 partisipan selama 8 tahun.

Penelitian yang terbit tahun 2024 di JAMA Network Open juga menunjukkan hasil yang sama. Penelitian ini melibatkan 127.830 peserta tanpa riwayat penyakit ginjal kronis.

Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi lebih dari 1 porsi per hari minuman berpemanis buatan dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Mengonsumsi gula bukan hanya meningkatkan risiko kerusakan ginjal kronis. Kebiasaan minum minuman manis juga secara signifikan dapat meningkatkan risiko kematian pada pasien kerusakan ginjal kronis.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO