Awal Tahun, PJB Sulap Abu Batu Bara Jadi Gedung Perpustakaan Digital di Kota Pekanbaru

Awal Tahun, PJB Sulap Abu Batu Bara Jadi Gedung Perpustakaan Digital di Kota Pekanbaru Peresmian gedung perpustakaan digital dengan bahan bangunan dari abu sisa pembakaran batu bara di Kota Pekanbaru.

KOTA PEKANBARU, BANGSAONLINE.com - PT Pembangkitan Jawa-Bali () bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru meresmikan Gedung Perpustakaan Digital Putri Kaca Mayang. Bangunan ini merupakan salah satu program CSR melalui yang berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) setempat dan memakai (FABA) atau abu sisa pembakaran batu bara sebagai bahan utama.

Arief Wicaksono, selaku General Manager UBJOM Tenayan menuturkan, gedung perpustakaan itu adalah wujud sinergi yang baik antara dan guna membantu percepatan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat. Ia berharap, gedung ini dapat mendukung peningkatan minat baca dan pengetahuan warga setempat.

akan selalu hadir dan memberikan kebermanfaatan di seluruh wilayah unit pembangkitnya. Selain menghadirkan nyala terang listrik, kami juga berkomitmen membangun negeri ini menjadi lebih baik,” ujarnya, Jumat (7/1).

Sementara itu, , Firdaus, mengatakan bahwa bantuan pembangunan perpustakaan ini sangat bermanfaat, khususnya dalam membangun minat baca masyarakat di daerahnya.

"Saya mewakili mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas sinergi antara dan PT UBJOM , sehingga bangunan berbasis FABA ini dapat terwujud," kata Firdaus.

Sebelumnya, menandatangani MoU dengan dan perjanjian kerja sama dengan DLHK Pekanbaru tentang pemanfaatan FABA yang aman bagi lingkungan dan kesehatan. Dalam kerja sama ini, menggunakan abu batu bara sebesar 60 persen untuk menggantikan semen dalam pembangunan fasilitas umum.

Material abu batu bara sisa pembakaran di dengan teknologi boiler minimal Circulating Fluidized Bed (CFB) merupakan limbah yang tidak berbahaya dan tidak beracun. Pembakaran dilakukan pada temperatur tinggi, sehingga kandungan unburnt carbon di dalamnya menjadi minimum.

Hasil data dari uji karakteristik terhadap abu batu bara di beberapa PLTU yang dilakukan Kementerian LHK 2020 menunjukkan, FABA PLTU masih di bawah baku mutu karakter berbahaya dan beracun. (diy/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO