Dishutbun Bondowoso Gandeng PTPN XII Kembangkan Ekonomi Petani Kopi

Dishutbun Bondowoso Gandeng PTPN XII Kembangkan Ekonomi Petani Kopi Ir HM Erfan Gani Kepala Dishutbun Bondowoso. (Sugiyanto/BANGSAONLINE)

BONDOWOSO (BangsaOnline) - Kopi merupakan salah satu komoditi yang sangat prospek di Bondowoso. Sebab, hasil kopi rakyat Bondowoso, setelah mendapat dukungan penuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, mampu menembus pasar ekspor ke Eropa.]

setelah sukses membentuk kluster kopi di sekitar lereng Gunung Ijen, yakni di Desa Sumber Wringin, kali ini melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) menggandeng PTPN XII untuk mengembangkan ekonomi petani kopi, di wilayah barat yakni di Desa Andungsari Kecamatan Pakem, dengan membentuk kluster kopi.

Kepala Dishutbun Ir HM Ervan Gani mengungkapkan, pihaknya bersama PTPN XII sepakat membangun kluster kopi di wilayah barat Bondowoso. Bentuknya, system kemitraan dengan petani kopi yang ada di Desa Andungsari.

“Kami (pihak Dishutbun red) bersama PTPN XII, saat ini telah melakukan tilik kebun petani kopi, yang ada di Desa Andungsari dan sekitarnya,” ujar mantan Kepala Bappeda itu dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Selasa (31/3).

Selain itu, kata mantan Kepala Dinas Pertanian ini, bahwa kemitraan dengan petani tidak hanya dalam membentuk kluster kopi, akan tetapi pihak Dishutbun membangun kemitraan akses pemasaran secara terbuka kepada masyarakat petani dengan kelompok tani kopi.

“Langkah ini dalam rangka membuka akses kepada petani untuk memasarkan hasil produksinya,” imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO