Jalan Penghubung Desa Kembangan-Kedanyang Gresik Rusak Parah, Kades Tak Berani Perbaiki

Jalan Penghubung Desa Kembangan-Kedanyang Gresik Rusak Parah, Kades Tak Berani Perbaiki Jalan penghubung Desa Kembangan-Desa Kedanyang di Perum Bunderasri yang kondisinya rusak parah. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kerusakan jalan penghubung antara dengan Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, tepatnya di , sudah terjadi bertahun-tahun.

Namun, Pemerintah sejauh ini tak berani melakukan perbaikan. "PSU (prasana dan sarana utilitas) itu masih wewenang pengembang dan pemilik kavling. Kami tak berani lakukan perbaikan karena khawatir menyalahi aturan," ucap Kepala Ngadimin, saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Rabu (9/3/22).

Menurut Ngadimin, PSU berupa jalan itu sejauh ini belum diserahkan oleh pengembang kepada warga atau .

"Sehingga, sejauh ini desa terus meminta pengembang atau pemilik kavling untuk melakukan perbaikan," ungkapnya.

Namun demikian, Ngadimin mengaku dirinya telah berupaya maksimal untuk melakukan perbaikan kerusakan jalan tersebut. Sebab, jalan tersebut merupakan akses warga, baik untuk mengantar sekolah atau kegiatan lain.

Pihaknya telah meminta bantuan Anggota DPRD dari daerah pemilihan (dapil) I (Gresik dan Kebomas) melalui program pokok pikiran (pokir) atau jaring aspirasi masyarakat (jasmas) untuk perbaikan.

"Mudah-mudah secepatnya bisa dilakukan perbaikan," harapnya.

Ia juga berharap ada kebijakan dari pemerintah agar desa bisa melakukan perbaikan PSU yang rusak menggunakan dana desa, sebelum diserahkan oleh pihak pengembang.

"Kalau ada regulasinya, misal surat edaran (SE), kita akan lakukan perbaikan dengan anggaran yang kami miliki," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO