Literasi di Atas Bus Sekolah, Upaya Peningkatan Pelayanan Transportasi dari Dishub Kota Pasuruan

Literasi di Atas Bus Sekolah, Upaya Peningkatan Pelayanan Transportasi dari Dishub Kota Pasuruan Antusias siswa-siswi saat pergi ke sekolah dengan dijemput bus gratis. foto: ARDIANZAH/BANGSAONLINE

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap siswa di , Dinas Perhubungan (Dishub) akan menggagas program Lidia Bela atau Literasi di Atas Bus Sekolah.

Kabid Angkutan Dishub  Agus Budi Darmawan mengatakan, pelayanan oleh dishub telah dilaksanakan sejak tahun 2014 dengan memanfaatkan bantuan hibah barang dari Kementerian Perhubungan dan berjalan hingga saat ini.

"Dan hanya melayani siswa dari SMPN 1, 2, dan 11, agar keberadaan ini tidak mengganggu keberadaan angkutan kota yang juga banyak digunakan oleh siswa," terang Agus kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (13/4/2022).

Saat ini, pihaknya juga telah berupaya untuk mengajukan tambahan 1 unit lagi, karena kebutuhan armada Bus Sekolah yang beroperasi di masa pandemi maupun nanti pasca pandemi, akan bertambah. "Dikarenakan antusiasme siswa dan orang tua serta kapasitas bus yang terbatas, sehingga perlu tambahan armada agar pelayanan bisa lebih optimal," jelas Agus.

Sebagai respons dari tuntutan adanya peningkatan pelayanan, maka saat ini dishub sedang menggagas program Lidia Bela atau Literasi di Atas Bus Sekolah yang nantinya akan bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan .

"Dalam program tersebut, siswa akan disediakan bahan literasi di atas , dan selama perjalanan dan saat menunggu keberangkatan, siswa dapat menikmati bahan literasi dengan dipandu oleh seorang pemandu literasi. Sehingga, dapat menambah wawasan siswa dan mengalihkan dari ketergantungan terhadap gadget. Tentunya, literasi yang disediakan akan disesuaikan dengan usia siswa," bebernya.

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO