Soal Ambruknya SDN 1 Gempol, Dewan Tuding Dispendik Kabupaten Pasuruan Lemah Pengawasan

Soal Ambruknya SDN 1 Gempol, Dewan Tuding Dispendik Kabupaten Pasuruan Lemah Pengawasan Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan saat rapat dengan Komisi IV DPRD.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Komisi IV menyoroti ambruknya atap ruang guru . Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Pasuruan dinilai lemah dalam pengawasan dan inventarisir aset-aset sekolah.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IV , . Ia menyayangkan peristiwa ambruknya . Menurut dia, kasus ini akibat ketidaktahuan dinas terhadap kondisi fisik sekolah-sekolah di Kabupaten Pasuruan.

Menurut politikus PKS itu, hal tersebut harusnya bisa diantisipasi sejak dini jika dispendik teliti dan punya data konkret terhadap kondisi bangunan sekolah di Kabupaten Pasuruan.

Kalau ada data fisik jelas, lanjut Zaeni, sekolah dengan kategori rusak berat bisa segera dimasukkan ke dalam usulan sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) dan masuk skala prioritas usulan pembenahan di APBD II.

"Jangan-jangan ada banyak sekolah lagi yang kondisinya lebih memprihatinkan daripada sekolah tersebut (). Dewan akan mendukung penuh penambahan porsi anggaran di dinas pendidikan untuk perbaikan sekolah-sekolah formal yang beberapa tahun belakangan dianaktirikan dalam alokasi penganggaran oleh pemda," paparnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Selasa (10/5/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar , M Solihin, mengakui sempat sudah mengajukan usulan pembangunan. Namun, kegiatan rehab fisik tidak bisa dilakukan tahun ini karena proses usulan tidak bisa langsung ditindaklanjuti pada tahun berjalan.

"Kita sudah menerima usulan rehab dari pihak sekolah . Hanya saja pembangunan tidak bisa dilakukan tahun ini, dan kasus ini akan dikomunikasikan ke pimpinan dulu," kata Solihin.

Sementara pemerhati pendidikan di wilayah Gempol, Sudarto, meminta kasus ambruknya menjadi perhatian serius Pemkab Pasuruan, dalam hal ini kepala daerah. Sebab, dampak dari ambruknya bangunan tersebut sangat mengganggu aktivitas belajar siswa.

"Mereka jadi tidak nyaman dan merasa khawatir saat proses belajar-mengajar berlangsung. Ini butuh perhatian serius, pemkab harus hadir mengambil sikap. Jangan menunggu kerusakan yang lebih parah lagi," ucap Sudarto. (bib/par/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO