Soal Ambruknya SDN 1 Gempol, Dewan Tuding Dispendik Kabupaten Pasuruan Lemah Pengawasan

Soal Ambruknya SDN 1 Gempol, Dewan Tuding Dispendik Kabupaten Pasuruan Lemah Pengawasan Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan saat rapat dengan Komisi IV DPRD.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan menyoroti ambruknya atap ruang guru SDN 1 Gempol. Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Pasuruan dinilai lemah dalam pengawasan dan inventarisir aset-aset sekolah.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan, Muhammad Zaeni. Ia menyayangkan peristiwa ambruknya SDN 1 Gempol. Menurut dia, kasus ini akibat ketidaktahuan dinas terhadap kondisi fisik sekolah-sekolah di Kabupaten Pasuruan.

Menurut politikus PKS itu, hal tersebut harusnya bisa diantisipasi sejak dini jika dispendik teliti dan punya data konkret terhadap kondisi bangunan sekolah di Kabupaten Pasuruan.

Kalau ada data fisik jelas, lanjut Zaeni, sekolah dengan kategori rusak berat bisa segera dimasukkan ke dalam usulan sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) dan masuk skala prioritas usulan pembenahan di APBD II.

"Jangan-jangan ada banyak sekolah lagi yang kondisinya lebih memprihatinkan daripada sekolah tersebut (SDN 1 Gempol). Dewan akan mendukung penuh penambahan porsi anggaran di dinas pendidikan untuk perbaikan sekolah-sekolah formal yang beberapa tahun belakangan dianaktirikan dalam alokasi penganggaran oleh pemda," paparnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Selasa (10/5/2022).

Simak berita selengkapnya ...