Bertemu Dirjen Holtikultura, Bupati Gresik Minta Bantu Tingkatkan Mutu Hasil Panen

Bertemu Dirjen Holtikultura, Bupati Gresik Minta Bantu Tingkatkan Mutu Hasil Panen Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat bertemu Dirjen Holtikultura Kementan, Prihasto Setyanto. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), meminta Kementerian Pertanian (Kementan) membantu meningkatkan hasil panen dan pemasaran hasil tanaman holtikultura. Sebab, saat panen melimpah salah satu kendala yang dihadapi petani di antaranya kesulitan pemasaran.

Ia mengungkapkan hal tersebut saat bertemu dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Holtikultura Kementan, Prihasto Setyanto, di Rumah Dinas Bupati Gresik, Kamis (12/5/2022). Gus Yani berujar, Kabupaten Gresik memiliki potensi yang sangat besar dalam produksi hasil pertanian, baik tanaman pangan maupun buah-buahan, bahkan sudah beberapa kali menembus pasar ekspor.

"Kondisi tanah di Kabupaten Gresik ini mendukung kualitas tanaman Mangga yang dihasilkan. Selain Mangga, di Gresik utara juga ada Jeruk Nipis. Luas lahannya hingga 400 hektare," ujarnya.

Ia menyebutkan sejumlah persoalan yang dihadapi petani pascapanen, seperti memasarkan hasil panen Jeruk Nipis. Diharapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik dengan Kementan bisa terus berdialog, karena hal ini tidak bisa dilakukan sendiri sehingga hasil pertanian menjadi nilai tambah bagi Gresik yang sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Simak berita selengkapnya ...