Jembatan Glendeng Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup

Jembatan Glendeng Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup

TUBAN, BANGSAONLINE.com yang berada di Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, kembali ditutup. Penutupan jembatan penghubung antara Tuban dan Bojonegoro itu sesuai rekomendasi forum lalu lintas kedua wilayah, sehingga setiap kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 tidak diperbolehkan melintasinya mulai besok, Sabtu (21/5/2022).

"Hasil pertemuan forum lalu lintas Tuban dan Bojonegoro merekomendasikan untuk menutup kembali ," kata KBO Satlantas kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (20/5/2022).

Selama jembatan ditutup, setiap kendaraan yang menuju Bojonegoro harus kembali memutar melalui jalur Soko-Parengan-Ponco untuk menuju Bojonegoro. Begitu juga arus sebaliknya yang mengarah ke Tuban.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (PUPR2KP) Tuban, Agung Supriyadi, membenarkan rencana penutupan .

"Benar, hasil pertemuan forum lalu lintas rekomendasinya seperti itu," ucap Agung.

Ia menjelaskan, kondisi jembatan saat ini mengalami penurunan pilar sekitar 30 cm yang mengakibatkan tumpukan jembatan pendekat menggantung. Sehingga, kondisi plat lantai kini bertumpu pada back wall dan bukan bagian dari pilar jembatan.

Sedangkan, lanjut Agung, kondisi pile cap pilar sudah tidak rata lagi dan terdapat selisih beda tinggi antara ujung pilar arah Bojonegoro dan ujung pilar arah Tuban sekitar 25 cm kemiringan ke arah Tuban. Selain itu, terjadi penurunan elevasi abutmen jembatan pendekat sekitar 4 cm.

"Kondisi saat ini sudah tidak layak secara teknis dan membahayakan para pengguna jalan. Sehingga, demi keselamatan bersama kami merekomendasikan agar tidak dioperasikan lagi untuk semua pengendara dan pejalan kaki sampai batas waktu yang belum ditentukan," tuturnya. (gun/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO