Berdayakan hingga ke Pasar Ekspor, Diskopukmperindag Sumenep Beri Bantuan Tiga Produk Unggulan UMKM

Berdayakan hingga ke Pasar Ekspor, Diskopukmperindag Sumenep Beri Bantuan Tiga Produk Unggulan UMKM Tiga produk unggulan UMKM di Kabupaten Pamekasan, yakni ukiran, batik, dan keris.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian terus berupaya menumbuhkembangkan peran usaha UMKM dan koperasi berbasis kekuatan lokal.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumenep, Moehammad Asy'ari, mengatakan bahwa untuk di Kabupaten Sumenep ada 3 produk unggulan UMKM yakni ukiran, batik, dan keris.

Ketiga item yaitu keris, ukiran, dan batik, memang produk unggulan UMKM di Kabupaten Sumenep. Adapun langkah pemerintah untuk memajukan ketiga produk unggulan tersebut, kata Asy'ari, dengan melakukan beberapa langkah, di antaranya memberikan bantuan.

"Adalah memberikan bantuan ke masing-masing pelaku produk unggulan itu sudah kami lakukan yakni berupa pemberian peralatan pembuatan keris," jelasnya.

Bahkan, untuk batik pihaknya juga telah memberikan pelatihan pewarnaan dan desain-desain batik, corak motif dan sebagainya. Termasuk juga kepada pelaku produk ukiran. “Untuk itu kami juga memberikan fasilitasi studi banding ke Jepara," imbuhnya.

Dikatakannya juga bahwa pihaknya tidak hanya berkutat pada pemberian bantuan peralatan atau pelatihan semata melainkan juga berusaha membantu memfasilitasi di bidang pemasaran untuk ketiga produk unggulan UMKM tersebut, baik lokal maupun regional.

“Insyaallah prospek ke depan, akan terus berupaya bisa ekspor ketiga produk unggulan UMKM itu ke tingkat mancanegara," pungkasnya. (aln/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO