Antisipasi Penularan PMK, Pasar Hewan Dimoro Kota Blitar Ditutup

Antisipasi Penularan PMK, Pasar Hewan Dimoro Kota Blitar Ditutup Polisi menurunkan satu unit water cannon untuk menyemprotkan cairan disinfektan di pasar hewan yang sedang ditutup.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - akhirnya ditutup untuk mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak pasca ditemukan suspek PMK di terbesar di tersebut. Penutupan dilakukan mulai hari ini, Jumat 10 Juni 2022 hingga 19 Juni 2022 atau empat kali pasaran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) , Hakim Sisworo, mengatakan penutupan dilakukan sebagai langkah pencegahan. Apalagi, beberapa waktu lalu pihaknya menemukan ada dua mobil pengangkut hewan ternak sapi yang dinyatakan suspek PMK.

"Jadi ada dua kendaraan pengangkut ternak isinya sekitar 10 sapi yang semua kondisinya suspek saat diperiksa petugas dinas pertanian sebelum masuk pasar. Karena ini penularannya cepat, jadi ini jadi salah satu pertimbangan kami menutup ," ujar Hakim Sisworo.

Selain menutup , seluruh pasar yang telah kosong itu juga disemprot cairan disinfektan. Polisi menurunkan satu unit water cannon untuk menyemprotkan cairan disinfektan.

"Kami juga kerja sama dengan kepolisian untuk melakukan penyekatan terhadap hewan ternak di perbatasan," pungkasnya. (ina/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO