Pejabat PM Singapura Hamba Uang, Jabat 7 Hari untuk Tes Pemimpin

Pejabat PM Singapura Hamba Uang, Jabat 7 Hari untuk Tes Pemimpin Dahlan Iskan

SINGAPURA, BANGSAONLINE.com Pemerintah lagi melakukan “tes pemimpin”. Untuk pemimpin atau Perdana Menteri (PM) selanjutnya. Maka Perdana Menteri cuti selama 7 hari. Agar calon penggantinya, , yang secara internasional dipanggil Lawrence Wong, menjabat PM selama 7 hari. Tap benarkah ia bernama “Hamba Uang”?

Baca saja tulisan wartawan kondang, Dahlan Iskan, di HARIAN BANGSA hari ini, Rabu 15 Januari 2022. Atau di BANGSAONLINE.com di bawah ini. Selamat membaca:

INI pasti bukan karena harga ayam segar yang lagi naik. Juga bukan karena kenaikan harga cabai.

Tidak ada yang begitu penting di . Tapi negeri itu mengangkat pejabat sementara perdana menteri. Senin lalu. Untuk masa jabatan selama 7 hari. Sampai tanggal 19 Juni depan.

Semua itu karena Sang Perdana Menteri lagi ingin jalan-jalan. Ingin cuti. PM Lee tidak sakit. Tidak ke luar negeri. Tidak ke mana-mana. Dalam keterangan resmi hanya disebut: PM Lee lagi local leave.

Istilah local leave kini populer di . Itu untuk mengganti istilah cuti di dalam negeri. Mengingat dalam negeri itu kecil sekali maka istilah local leave memang sangat cocok dipakai

"Mungkin PM mau sekadar jalan-jalan ke Marina Bay," komentar warga di sana. "Mungkin ia ingin merasakan jalan-jalan sebagai orang biasa," tambahnya.

Kata "jalan-jalan" memang sudah menjadi bahasa Inggris di . Maka kata "jalan-jalan" bisa ditemukan di tengah kalimat Inggris yang membicarakan cutinya Sang PM.

Kata Melayu lain yang juga sudah menjadi bahasa Inggris di adalah ''kena''. Terutama selama masa pandemi. He is in hospital kena Covid last week. Kata ''kena'' juga sering dipakai dalam perjudian. ''Kena undian'' artinya menang taruhan.

(. Foto: min.news)

Di samping untuk jalan-jalan local leave-nya perdana menteri ini juga untuk membaca. Ia mengatakan ada beberapa bacaan yang tertunda. Maksudnya: membaca buku. Begitu pentingnya membaca buku. Sampai perdana menteri pun harus cuti.

Berapa pun banyaknya alasan tujuan cuti itu hanya satu: mencoba menampilkan calon pemimpin baru . Dari G4. Generasi ke-4. Setelah Lee Kuan Yew, Goh Chok Tong dan .

Nama G4 itu Anda sudah tahu:

黄循财. . Di nama itu dieja dengan Wong Shyun Tsai. Secara internasional dipanggil Lawrence Wong.

Usia Lawrence Wong beda jauh dengan : 21 tahun. Ini benar-benar alih generasi. Wong baru berumur 49 tahun.

Dengan keputusan PM Lee untuk local leave jadilah Wong pejabat perdana menteri . Selama 1 minggu. Itu dianggap penting. Agar masyarakat mulai terbiasa melihat perdana menteri yang bukan ''Itu''.

PM Lee pernah cuti. Dua kali. Ke luar negeri. Sampai 16 hari. Pun saat itu tidak perlu mengangkat pejabat perdana menteri. Alasannya: saya kan masih bisa dihubungi.

Kini PM Lee local leave, 7 hari. Di saja. Perlu mengangkat pejabat sementara. Mungkin karena ia tidak bisa dihubungi.

Sudah 18 tahun Lee menjabat perdana menteri. Ia ingin yang muda yang menggantikannya.

(. Foto: AFP/inews.id)

Awalnya Lee terlihat ingin mempromosikan Heng Swee Keat –saat itu menteri keuangan. Beda umurnya 10 tahun. Swee Keat juga sudah diangkat menjadi wakil perdana menteri. Tiga tahun lalu. Sudah magang lama. Namanya pun sudah diterbitkan sebagai calon pemimpin masa depan .

Lalu datanglah Covid-19.

Simak berita selengkapnya ...