Jaranan Diharapkan Membawa Dampak Ekonomi untuk Kota Kediri

Jaranan Diharapkan Membawa Dampak Ekonomi untuk Kota Kediri Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat berbincang dengan seniman jaranan. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, memberi arahan kepada seniman jaranan di wilayahnya. Agenda tersebut dilakukan di Musyawarah Besar VI Dewan Kesenian Jaranan Kota “Paguyuban Jaranan Wahyu Krida Budaya” Periode 2022-2025.

ini menurut saya punya peran penting dalam kesenian jaranan atau kuda lumping. Tapi ke depan kita harus punya program yang bagus. Saya di sini tidak mau intervensi, tapi saya punya tugas untuk mendorong supaya jaranan ini bisa menjadi kesenian yang berakibat dampak ekonomi yang baik,” kata Abu di Delicious Restaurant & Ballroom , Minggu (19/6/2022).

Ia disambut dengan pemberian udeng bermotif kuda lumping senada dengan baju batik jaranan yang dikenakan. Wali kota mengatakan bahwa para seniman jaranan Kota juga harus berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, jaranan adalah sebuah kesenian bukan sebagai ajang untuk tawuran.

Menurut dia, jaranan Kota ini sangat dihormati, buktinya orang Kalimantan datang ke untuk bertukar pikiran karena jaranan Kota akan diundang ke Kalimantan. Mungkin karena jaranan Kota ini memiliki sebuah pakem yang bagus.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pengguna Jalan di Pasar Pahing Kediri Tersengat Listrik':