Viral Perseteruan Gus Samsudin Vs Pesulap Merah, Gus Fawait Luruskan Istilah Kiai dan Gus

Viral Perseteruan Gus Samsudin Vs Pesulap Merah, Gus Fawait Luruskan Istilah Kiai dan Gus H. Muhammad Fawait, S.E., M.Sc., Bendahara PW GP Ansor Jatim. Foto: Ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bendahara GP Ansor Jawa Timur Muhammad Fawait turut menanggapi viralnya perseteruan antara Jadab dengan yang saat ini tengah menjadi perbincangan publik.

Apalagi, masyarakat sampai menggelar demo menuntut padepokan milik Samsudin yang dijadikan tempat pengobatan, ditutup. Masyarakat menganggap praktik perdukunan yang dilakukan Samsudin abal-abal dan cenderung mengarah ke penipuan menggunakan trik sulap.

Hal itulah yang membuat Fawait angkat bicara. Ia ingin meluruskan istilah kiai dan gus yang cenderung salah dipahami masyarakat. Pasalnya, kedua istilah itu cenderung digunakan oleh oknum tertentu untuk mengambil keuntungan. terpanggil

"Ini yang harus diluruskan. Kalau kiai atau ulama itu harus jelas sanad keilmuannya. Sedangkan gus harus jelas nasabnya. Jadi, masyarakat jangan mudah percaya pada orang yang mengaku kiai atau gus. Lihat dulu sanad dan nasabnya," terang Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Chotib Al Qodiri IV Jember itu, Selasa (02/08/2022).

Tokoh muda yang karib disapa Gus Fawait ini mengaku prihatin melihat fenomena di masyarakat, di mana saat ini seseorang sangat mudah mendapat predikat kiai atau gus.

Simak berita selengkapnya ...