Gubernur Khofifah Hadiri Deklarasi P4TM di Pamekasan

Gubernur Khofifah Hadiri Deklarasi P4TM di Pamekasan Suasana deklarasi P4TM di Pamekasan yang dihadiri Gubernur Khofifah.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM) menggelar deklarasi di Aula Bersama Jalan Raya Pasar Blumbungan, Kecamatan Larangan, Kabupaten, Sabtu (6/8/2022). Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, tampak hadir dalam agenda bertajuk 'Menggugat Kejayaan Petani Tembakau Madura'.

Ketua Umum P4TM, Khoirul Umam, mengatakan bahwa deklarasi itu sebagai wadah aspirasi petani tembakau se-Madura. Selain itu, untuk menindaklanjuti keluhan-keluhan petani dan pedagang tembakau. Menurut dia, tembakau madura merupakan salah satu solusi kebutuhan para petani.

"Kita mengusahakan, mudah-mudahan ke depan pihak pemerintah dan pabrikan bisa merespons apa yang diinginkan petani. Ini linier dengan yang disampaikan oleh tokoh nasional, yaitu putra daerah Madura bapak Achsanul Qosasi dan masyaikh yang menyatakan tembakau Madura itu dulu menjadi solusi dari pada kebutuhan petani tembakau Madura," paparnya.

Ia menambahkan, agenda besar P4TM yaitu akan menindaklanjuti iktikad Gubernur untuk menjalin sinergitas bersama pemerintah. Acara ini juga dihadiri Akhsanul Kosasih dan Wakil Bupati, RB Fattah Jasin; Ketua DPRD, M Halili; kepala daerah se-Madura yang diwakili, tokoh ulama, tokoh masyarakat, kepala desa se-Kabupaten dan ribuan petani tembakau.

"Anjloknya harga tembakau Madura disebabkan beberapa faktor. Sebagai organisasi P4TM kami akan melakukan diskusi dan bertemu dengan gubernur dan bupati akan menyampaikan problematika yang terjadi sekarang ini," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':