Hadiri Sarasehan KWG-AKD, Bupati Gresik: Ini Sinergitas Luar Biasa

Hadiri Sarasehan KWG-AKD, Bupati Gresik: Ini Sinergitas Luar Biasa Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Ketua KWG M.Syuhud Almanfaluty, Ketua AKD Nurul Yatim bersama pejabat Forkopimda dan kepala desa saat sarasehan.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fandi Akhmad Yani, menghadari Sarasehan bertajuk 'Sinergitas AKD-KWG Dalam Menuju Desa Mandiri', Senin (8/8/2022). Ia mengapresiasi agenda yang merupakan kolaborasi antara Komunitas Wartawan (KWG) dengan asosiasi kepala desa (AKD) setempat.

"Sarasehan yang digelar AKD dan KWG ini adalah sinergitas luar biasa. Ini juga bentuk sinergitas pemerintah , beserta Forkopimda dengan KWG," ujarnya.

"Sinergitas seperti ini harus terus dilakukan untuk bersama-sama mewujudkan program Nawa Karsa dalam pemerintahan Baru," imbuhnya.

Gus Yani (sapaan akrab bupati) menyebut, Kabupaten menempati peringkat kedua Desa Mandiri secara nasional, setelah Kabupaten Bojonegoro dengan 155 desa mandiri. Sementara itu, Kota Pudak memiliki 153 desa mandiri.

"Dari 153 desa mandiri di Kabupaten , ada sejumlah kecamatan menempati posisi terbanyak desa mandiri. Di antaranya, Kecamatan Menganti dengan 22 desa," paparnya.

Untuk itu, ia mengajak kepada AKD untuk bersama-sama membangun demi mewujudkan desa mandiri.

"Dengan banyaknya desa mandiri, maka desa menjadi kuat, dan masyarakatnya sejahtera. Tentunya pemerintahan juga akan makin maju," tuturnya.

Ia pun meminta agar AKD bisa searah dengan pemerintah daerah setempat dalam menjalankan program.

"Makanya saya tak ingin pemerintah daerah arahnya ke kanan, desa ke kiri, sehingga tak nyambung," ucapnya.

Gus Yani berjanji akan memberi bantuan keuangan (BK) bagi desa-desa yang kreatif dan inovatif dalam mendukung program Nawa Kersa.

"Tentu BK itu akan kami sesuaikan dengan inovasi, dan kreativitas, misal program PKK, penanganan stunting, maka BK kita arahkan ke program tersebut," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pihaknya dalam membantu kemajuan pemerintah, baik di tingkat desa maupun Kabupaten .

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':