Ketua DPRD Gresik Hingga Kepala DPMD Ajak Kades Totalitas Wujudkan Desa Mandiri

Ketua DPRD Gresik Hingga Kepala DPMD Ajak Kades Totalitas Wujudkan Desa Mandiri Ketua DPRD Gresik, Much Abdul Qodir, dengan para narasumber saat menyampaikan materi. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPRD , Much Abdul Qodir, mengajak kepada semua kepala desa agar totalitas membangun dengan melibatkan semua komponen yang ada. Langkah ini untuk terwujudnya desa mandiri di Kabupaten .

"Saya mengajak semua kepala desa agar totalitas dalam membangun desa untuk menjadikan desa mandiri," ujarnya saat menjadi pemateri dalam sarasehan bertajuk 'Sinergitas AKD-KWG Dalam Mewujudkan Desa Mandiri', Senin (8/8/2022).

Menurut dia, mewujudkan percepatan pembangunan desa membutuhkan peran semua pihak, termasuk media, karena tanpa wartawan hasil-hasil pembangunan di desa tak bisa diinfornasikan kepada masyarakat. Sesuai dengan Undang-Undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa dituntut kreatif dan inovatif untuk mewujudkan kemandirian dalam meningkatkan kesejahteraan.

"Dengan UU Desa tersebut, pascadisahkannya Perda Nomor 7 Tahun 2021, tentang Desa Wisata, desa didorong untuk mandiri dan membuka lapangan kerja, serta optimalisasi potensi desa untuk pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

Ia mengungkapkan, ada 153 desa mandiri (46,4 persen) dari total desa 330 se-Kabupaten pada 2022, atau ada peningkatan 67 desa berstatus desa mandiri dari tahun 2021, hanya 86 desa mandiri.

"Untuk itu, kami minta kepada para kepala desa yang desanya belum mendiri bisa totalitas untuk menjadikan desanya menjadi mandiri," ungkapnya.

Ia menambahkan, Pemkab di bawah kepemimpinan Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah tahun ini memprioritaskan 3 sektor pembangunan.

"Ada 3 prioritas yang tengah dikerjakan Pak Bupati saat ini. Yakni, penanganan Kali Lamong, infrastruktur jalan, dan kemiskinan. Untuk itu, saya mengajak para kepala desa untuk bersama-sama bekerja mewujudkannya," pungkasnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO