Mengintip Kemeriahan Bulan Kemerdekaan di Surabaya

Mengintip Kemeriahan Bulan Kemerdekaan di Surabaya Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, saat bersama warganya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Semarak Bulan Kemerdekaan di kembali terlihat. Kemeriahan saat perayaan HUT ke-77 RI tampak dari seluruh wilayah di Kota Pahlawan, mulai dari pernak-pernik warna merah putih, dekorasi hingga umbul-umbul bisa dijumpai di setiap wilayah serta jalan-jalan protokol.

Wali Kota , Eri Cahyadi, telah mengimbau warga agar memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih serentak mulai tanggal 1-31 Agustus 2022. Selain itu, ia meminta kepada masyarakat untuk memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho, atau hiasan lainnya untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan. 

"Perayaan kemerdekaan ini adalah semangatnya yang kita ambil. Semangat gotong-royong, semangat kebersamaan yang tidak boleh pudar dan tetap terjaga di Kota ," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (18/8/2022).

Bahkan, Pemkot membagikan 13.884 bendera merah putih gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional pembagian 10 juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wali kota bersama Forkopimda terjun langsung membagikan bendera merah putih ke rumah-rumah warga di kawasan Kecamatan Tambaksari pada Rabu, 10 Agustus 2022. Bahkan pada Minggu, 14 Agustus 2022, pembagian bendera merah putih di Kota Pahlawan ditinjau langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. 

" ini adalah Kota Pahlawan. Oleh karena itu, kita harus mengingat bagaimana perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan," kata Eri.

Menurut dia, mengingat jasa dan perjuangan para pahlawan bangsa bukan sekadar memasang bendera merah putih ketika HUT Republik Indonesia. Tetapi, dapat dilakukan dengan cara yang lain, yaitu saling gotong royong dan tolong menolong antar sesama umat manusia. 

"Oleh sebab itu kami turun bergandengan tangan dan bergotong-royong dengan Forkopimda, RT/RW dan lainnya. Karena membangun Kota ini harus seperti apa yang telah diajarkan oleh pahlawan kita, harus dengan kebersamaan dan gotong-royong," paparnya.

Bagi Eri, filosofi membagikan bendera merah putih adalah untuk membakar semangat warga dalam mempertahankan kemerdekaan. Kemerdekaan sekarang yang dimaksud bukan melawan penjajah, tetapi bagaimana melawan kemiskinan, anak putus sekolah, kebodohan, pengangguran, dan sebagainya. 

"Saya yakin dengan gotong-royong ini kita bisa melawan itu semua. Saya yakin dengan bergerak bersama, kita punya kekuatan ketika menyelesaikan sebuah masalah," tuturnya.

Perayaan Hari Kemerdekaan di Kota Pahlawan semakin meriah, tatkala Pemkot juga mengadakan beragam lomba dan kegiatan. Beragam acara itu tak hanya ditujukan bagi perangkat daerah (PD) di lingkup pemerintah daerah setempat, melainkan ditujukan kepada masyarakat.

Sejumlah lomba yang digelar di antaranya Lomba Penulisan Blog dan Lomba Video Kemeriahan Hari Kemerdekaan yang dapat diikuti masyarakat umum. Kedua kategori lomba tersebut, dimulai sejak tanggal 1-31 Agustus 2022 dan pendaftarannya dilaksanakan secara online.

Sedangkan di lingkup Pemkot , juga diadakan beragam lomba antar instansi yang digelar sejak tanggal 9 - 15 Agustus 2022. Di antaranya, Lomba Voli Campuran, Lomba Tenis Meja, Lomba Hadang Putri, Lomba Estafet Tradisional, Lomba Panjat Pinang, Lomba Gebuk Bantal, Lomba Rias hingga Lomba Tarik Tambang antar Forkopimda .

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO