8 Pasutri di Tuban Berebut Kursi Kepala Desa

8 Pasutri di Tuban Berebut Kursi Kepala Desa Suasana sosialisasi peraturan daerah yang dilakukan Pemkab Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Fenomena pasangan suami istri (Pasutri) saling beradu merebutkan kursi kepala desa muncul dalam Pilkades serentak 2022. Sebanyak 47 desa dari 17 kecamatan di Bumi Wali, ada 8 desa yang di dalamnya terdapat pasutri dan menjadi calon kepala desa.

Dengan rincian, Desa Simo, dan Gununganyar di Kecamatan Soko; Desa Ngampelreji dan Desa Boncong, Kecamatan Bancar; Desa Demit, Kecamatan Jatirogo. Kemudian, Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan; Kecamatan Widang ada Desa Compreng; dan Desa Kapu, Kecamatan Merakurak.

"Delapan desa itu hanya ada dua calon Kades, mereka pasangan suami istri," ujar Kabid PMD, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemerintahan Masyarakat Desa (Dinsos P3APMD) , Suhud, saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Jumat (19/8/2022).

Ia menambahkan, dari delapan pasutri di yang mendaftar sebagai calon kepala desa, enam di antaranya petahana. Sisanya ada yang berakhir masa jabatannya dan kades definitifnya kosong.

"Total terdapat 115 Cakades yang mendaftar, 21 pendaftar diantaranya petahana. Mayoritas ada 2 bakal Cakades setiap desa, terbanyak ada 6 Calon di Desa Bangilan, Kecamatan Bangilan," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':