Hadirkan 4 Pakar, Begini Upaya Bupati Gresik Mencegah Stunting

Hadirkan 4 Pakar, Begini Upaya Bupati Gresik Mencegah Stunting Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat memberi makanan bergizi kepada balita usai membuka dialog kebangsaan. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab di bawah kepemimpinan Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah tengah bekerja keras untuk mencegah di Kota Pudak. Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan IKA Unair menggelar Dialog Kebangsaan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), dan pencegahan .

Kegiatan bertajuk 'Pernikahan Dini, Stunting, dan Kematian Ibu' dibuka langsung oleh Bupati , Selasa (30/8/2022). Acara ini menghadirkan 4 pakar sebagai narasumber, mereka adalah Pakar Tumbuh Kembang Anak, Moersintowarti B Narendra; Pakar Penurunan AKI AKB, Nyoman Anita;  Pakar Fetal Programing, Hermanto Tri Joewono; dan Ketua Peradi Kukuh Pramono Budi.

Gus Yani (sapaan akrab Bupati ) mengatakan bahwa menjadi persoalan nasional yang harus dituntaskan dengan satu tekad dan komitmen yang kuat, yakni menyatukan persepsi, menyatukan hati, berkolaborasi bersama-sama, menuntut kerja lebih cepat, dan kerja lebih tepat.

"Banyak variabel dalam kasus , khususnya di kabupaten. Bagaimana kita melihat dan mengidentifikasi hingga pendampingan," ujarnya.

Menurut dia, pernikahan dini pada anak sangat berisiko karena berpotensi meningkatkan AKI, AKB, dan .

"Pernikahan pada usia dini sangat berbahaya. Pernikahan usia dini juga berpotensi pada bayi yang dilahirkan mengalami kekerdilan atau ," imbuhnya.

Untuk itu, bupati mengimbau setiap keluarga agar merencanakan pernikahan sebaik mungkin dan dilakukan pada usia yang bisa dikatakan cukup.

"Eranya kolaborasi, dibutuhkan komitmen bersama dimana bonus demografi di imbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, terutama dalam penanganan kasus agar dapat dikendalikan," paparnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO