Ludruk dan Teater Warnai Hari Kedua Festival Seni Munali Patah 2022 di Sidoarjo

Ludruk dan Teater Warnai Hari Kedua Festival Seni Munali Patah 2022 di Sidoarjo Penampilan ludruk Baladda saat hari kedua Festival Seni Munali Patah 2022 di Dekesda Art Center, Senin (5/9/2022) malam. Foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Penampilan ludruk Baladda dan teater ARAR mewarnai hari kedua Festival Seni Munali Patah (FSMP) 2022, di Dewan Kesenian (Dekesda) Art Center, Senin (5/9/2022) malam. Sedangkan pentas musik dangdut juga memeriahkan FSMP 2022, yang digelar di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) .

Ludruk Baladda ini mementaskan lakon "Tembang Sunyi Godong Tebu" (Rodji Jagoan Semambung). Sajian pentas ludruk tersebut diiringi oleh karawitan dari siswa SMP Negeri 5 .

Lakon ini ditulis dan disutradarai oleh Robets Bayoned. Sebuah lakon berlatar belakang sebagai wilayah penghasil tebu terbaik pada kisaran tahun 1895.

"Perkebunan tebu banyak di mana-mana. Salah satunya di daerah Wonoayu . Sayangnya, perkebunan tebu ini justru menimbulkan masalah baru di tingkat masyarakat," kata Robets

Masalah yang terjadi akibat sistem tanam paksa di zaman tersebut. "Sistem tanam paksa tidak memberikan dampak baik untuk rakyat pribumi yang dipekerjakan secara paksa tanpa diberikan upah. Banyak lurah yang tidak sepakat dengan cara VOC ini menjadi korban adu domba dengan lurah-lurah yang pro pemerintahan Hindia Belanda," ungkapnya.

Konflik para lurah tersebut menjadi kisah heroik tersendiri. Cerita perjuangan melawan penjajahan. Bahkan akhirnya memunculkan kepedulian seorang pemuda dari Wonoayu yang bernama Rodji, yang membela rakyat saat berurusan dengan penjajah Belanda.

Ludruk Baladda didukung para pemain yang terdiri dari Rofi, Rehan, Khoirul Anam, Anam Kecenk, Rina, Tito, Robets, Ipoel, Ayok, Yoyok, Pentil, Puput, Roy, Wahyu, Yayan, Dion, Miko, Aldi, Arkha. Tari remo oleh Uriyati dan kidungan oleh Aris. Adapun stage manager oleh Aixa Paramita.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO