Launching Bus Listrik Produksi PT INKA, Gubernur Khofifah: Keren Sekali

Launching Bus Listrik Produksi PT INKA, Gubernur Khofifah: Keren Sekali Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat mencoba bus listrik produksi PT INKA Madiun. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, berkesempatan untuk melaunching Bus Listrik Merah Putih produksi PT INKA Madiun yang diberi nama Electronik Inovation Bus (E-Inobus), Rabu (14/9/2022).

Gubernur didampingi Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro, dan jajaran kepala OPD provinsi menyempatkan untuk menjajal langsung bus listrik buatan Madiun. Rombongan berkeliling jalanan Surabaya, tepatnya dari kantor gubernur ke Tunjungan Plaza.

"Alhamdulillah, saya sudah mencoba bus listrik buatan PT INKA, Madiun, yang nantinya akan digunakan sebagai kendaraan pendukung pelaksanaan KTT yang ramah lingkungan. Keren sekali bus listrik buatan PT INKA ini, mesinnya halus sekali, keseimbangan busnya juga sangat terasa, Cukup nyaman,” kata .

Rencananya, bus listrik ini bakal digunakan untuk mendukung transportasi umum di Jawa Timur. Gubernur mengatakan bahwa harga bus listrik nantinya bisa lebih rendah ketika diproduksi massal.

"Jadi mudah-mudahan ini akan terus bisa disiapkan, kalau mass production tentunya harganya bisa lebih rendah," ujarnya.

Penerimaan bus listrik yang mampu menempuh jarak 160 km dengan sekali pengisian ulang itu akan diberi logo Damri setelah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Sementara itu, Budi menyebut ada 53 bus listrik yang disediakan PT INKA.

Budi menerangkan, bahwa bus listrik ini memakai bahan stainless steel sebagai badan busnya dan mempunyai berat 8 ton dan mampu mengangkut sekitar 19 penumpang. Walau pembuatannya cukup mahal, biaya operasionalnya dianggap lebih murah karena baterainya mampu bertahan lama.

"Karena baterainya ini bisa 8 tahun, jadi nggak perlu beli bensin, nggak perlu beli solar, ini bisa 8 tahun. Satu unit kira-kira Rp2,4 miliar," terangnya. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO