Dinilai Kurang Efektif dan Efisien Tangani Bencana, Pemkab Pasuruan Usulkan BPBD jadi Tipe A

Dinilai Kurang Efektif dan Efisien Tangani Bencana, Pemkab Pasuruan Usulkan BPBD jadi Tipe A Wakil Bupati Pasuruan saat menyampaikan raperda non APBD tata organisasi dan tata kerja BPBD No 08 Tahun 2010.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Tingginya jumlah kejadian di secara langsung berimplikasi pada indeks risiko . Hal ini memerlukan penanganan yang cepat serta didukung kemampuan organisasi dan SDM yang handal dalam mengambil keputusan.

Agar tujuan tersebut bisa dicapai, Pemkab Pasuruan mengusulkan peningkatan klasifikasi BPBD dari tipe B menjadi tipe A.

"Jumlah di tiap tahun naik, maka dibutuhkan penanganan satu komando. Sementara eselon kepala BPBD masih di bawah kepala dinas, sehinga berdampak pada penanganan kurang efektif dan efesien," jelas Wakil Bupati Pasuruan KH Abd Mujib Imron usai sidang paripurna pembahasan raperda non APBD.

Menurutnya, selama ini penanangan di masih belum satu komando lantaran klasifikasinya masih B. Dalam menangani di beberapa wilayah/kecamatan, masih harus berkoordinasi dengan OPD terkait. Seperti dinas perkim, dinas PU bina marga dan bina konstruksi, maupun OPD terkait lainnya sehingga hasilnya kurang maksimal.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pasutri Terseret Longsor di Wilayah Gunung Bromo: Suami Selamat, Istri Meninggal':